Tiga Pejabat Tinggi Negara Tandatangani SKB Pedoman Implementasi UU ITE

- Kamis, 24 Juni 2021 | 13:26 WIB
Tiga pejabat tinggi negara telah menandatangani SKB Pedoman Kriteria Implementasi Undang-Undang (UU) ITE. (foto: humas Polri) (Cun Cahya)
Tiga pejabat tinggi negara telah menandatangani SKB Pedoman Kriteria Implementasi Undang-Undang (UU) ITE. (foto: humas Polri) (Cun Cahya)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tiga pejabat tinggi negara yaitu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Menkominfo Johnny G Plate resmi menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Pedoman Kriteria Implementasi Undang-undang (UU) ITE.

Penandatangan tersebut juga disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu 23 Juni 2021.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan pertimbangan penandatanganan SKB tersebut dalam rangka menjaga ruang digital Indonesia yang bersih, sehat, beretika, produktif, dan berkeadilan.

Baca Juga: Tolak Vonis Empat Tahun Penjara, Habib Rizieq Shihab: Lawan Terus

Nantinya Polri kedepannya bakal menerapkan atau mengimplementasikan SKB UU ITE dalam rangka tugas dan fungsinya sebagai lembaga penegak hukum. Mengingat, pedoman itu telah berlaku sejak ditetapkan.

“Dijadikan acuan bagi aparat penegak hukum di lingkungan Kemenkominfo, Polri dan Kejaksaan Agung dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya,” katanya, dikutip dari laman Humas Polri.

Berikut lampiran SKB Pedoman Implementasi UU ITE diantaranya:

Baca Juga: Suksesi Ketua DPW DIY, PPP Sleman Pilih Netral

a.Pasal 27 ayat (1), fokus pada pasal ini adalah pada perbuatan mentransmisikan, mendistribusikan dan/atau membuat dapat diaksesnya, bukan pada perbuatan kesusilaan itu.

Pelaku sengaja membuat publik bisa melihat atau mengirimkan kembali konten tersebut.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X