Bendungan Eksotik Bener-Purworejo, Tertinggi di Indonesia

- Kamis, 24 Juni 2021 | 10:15 WIB
maket Bendungan Bener Purworejo. (foto: istimewa) (Murdiyat Moko)
maket Bendungan Bener Purworejo. (foto: istimewa) (Murdiyat Moko)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Jawa Tengah bakal memiliki Bendungan tertinggi Indonesia dan kedua tertinggi di Asia Tenggara dengan pemandangan alam mempesona dan eksotik pula.

Bendungan yang merupakan proyek strategis nasional itu berada di Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Direktur Operasi 1 Brantas Abipraya Catur Prabowo mengatakan PT Brantas Abipraya Bendungan Bener bakal menjadi bendungan tertinggi Indonesia dan kedua tertinggi di Asia Tenggara.

Baca Juga: Masyarakat Jangan Asal Konsumsi Obat untuk Covid-19, Ini Penjelasan Guru Besar UGM

Bendungan di Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) di antara deretan proyek unggulan yang sedang dikerjakan BUMN konstruksi ini.

“Nantinya bendungan ini akan menjadi yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 159 meter, panjang timbunan 543 meter dan lebar bawah sekitar 290 meter. Saat ini Brantas Abipraya fokus pada tahap pembuatan akses jalan, terowongan dan main dam,” kata Catur Prabowo.

Proyek yang menjadi bagian dari PSN yang telah ditetapkan melalui Prepres No 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, Bendungan Bener ini bakal mengairi lahan pertanian seluas 15.069  hektare dengan debit banjir 210 m3/detik.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Indonesia Pecah Rekor Lagi, Berpotensi Salip Peru

Fungsi lain bendungan itu, lanjut Catur, sebagai penyedia air baku untuk keperluan rumah tangga, kota dan industri sebesar 1.500 liter/detik ke 10 kecamatan di kabupaten Purworejo, tiga kecamatan di kabupaten Kebumen dan dua kecamatan di kabupaten Kulon Progo.

Fungsi PLTA

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X