Soal Wacana Jokowi 3 Periode, Pengamat Politik: Ada Permainan Elite Politik

Red
- Rabu, 23 Juni 2021 | 19:53 WIB
Presiden Jokowi (BPMI Setpres/Lukas) (Nugroho Wahyu Utomo)
Presiden Jokowi (BPMI Setpres/Lukas) (Nugroho Wahyu Utomo)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengamat Politik Wempy mengungkapkan munculnya wacana Jokowi tiga periode didorong oleh kepentingan pragmatis sejumlah elit politik yang ingin mendapat keuntungan selama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terus menjabat.

“Ada permainan elit politik. Saya kira orientasinya kekuasaan, bukan membangun bangsa dan negara,” kata Pengamat Politik Wempy Hadir pada acara diskusi, Rabu, seperti dikuti dari Antara.

Wempy membeberkan 2 alasan yang turut mengiringi munculnya wacana itu, yaitu kondisi darurat akibat pandemi COVID-19 dan polarisasi atau perpecahan masyarakat akibat pemilihan presiden 2024.

Baca Juga: Impor Limbah Plastik , Telur Ayam Kampung Terkontaminasi Bahan Kimia Beracun

Namun, dua alasan itu, yang kerap disampaikan di hadapan publik, bukan motif yang mendorong sekelompok orang memunculkan wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Pasalnya, ada orang-orang di lingkaran dekat penguasa yang berkepentingan mempertahankan kekuasaan dan posisinya selama Joko Widodo menjabat sebagai presiden, kata Wempy.

“Mereka mendesain ini seperti jadi hegemoni, karena dampak kekuasaan itu ada tiga, yaitu akumulasi ekonomi atau harta, kekuatan politik, dan dampak sosial,” terang Wempy.

Baca Juga: Vonis 8 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar, Eks Direktur Garuda Hadinoto Soedigno: Pikir-Pikir Dulu

Keinginan untuk mendapatkan tiga keuntungan itu menjadikan sekelompok orang mengerahkan segala cara memunculkan wacana perpanjangan masa jabatan presiden sampai tiga periode, meskipun itu melanggar konstitusi, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, ujar Wempy Hadir.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rizal Ramli 'Ditampar' Ngabalin, Begini Kronologinya

Selasa, 14 September 2021 | 11:05 WIB

Megawati: Pandemi Tak Hentikan Pendidikan Kader

Jumat, 10 September 2021 | 20:03 WIB
X