Kemenkes Ungkap Pasien Covid-19 Usia 18 Tahun ke Bawah Cenderung Terinfeksi Varian Delta

Red
- Rabu, 23 Juni 2021 | 16:29 WIB
Pasien Covid-19/Foto Istimewa
Pasien Covid-19/Foto Istimewa

 


JAKARTA, suaramerdeka.com - Kasus Covid-19 varian Delta melonjak di sejumlah daerah ternyata mayoritas terjadi pada pasien dengan rentang usia di bawah 18 tahun

"Ada kecenderungan varian delta di beberapa rumah sakit menyerang pasien di bawah usia 18 dan ada juga 10 tahun sudah ada yang kena. Itu pengamatan kami dari perbedaan varian baru ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu, seperti dikutip dari Antara.

Maxi mengatakan situasi itu dilaporkan berdasarkan laporan penelitian Whole Genom Sequencing' dari Kudus, Jateng yang didominasi oleh kasus Delta. Demikian disampaikannya saat berbicara pada acara "Cegah Penularan Secara Tepat, PPKM Mikro Diperketat" yang diselenggarakan Forum Merdeka Barat 9 secara virtual dan dipantau di Jakarta, Rabu 23 Juni 2021

Baca Juga: Indro Warkop Umumkan Positif Corona, Mohon Doa untuk Kesembuhan Segera

"Di Kudus, DKI sekalipun ada bukti delta di sini, tapi di Kudus hampir semua yang kita periksa varian Delta, umumnya pada daerah yang mengalami lonjakan kasus tajam. Kita lihatnya via sampel genom sequencing yang bisa periksa varian baru," katanya.

Berdasarkan gejala klinis Delta, kata Maxi, seluruhnya memiliki kecenderungan yang sama, seperti batuk, pilek, demam dan lainnya.

"Kalau soal paparan sama semua, karena semua virus melalui droplet dan udara. Jadi orang berpapasan bisa kena tapi memang semua corona virus seperti itu, tapi memang (Delta) penularannya cepat sekali," katanya.

Baca Juga: Kapolda Jateng Gelar Sertijab Pejabat Utama dan Kapolres, Siapa Saja Mereka?

Maxi menambahkan selain memiliki kecenderungan menyerang pasien di bawah usia 18 tahun, namun varian ini bisa menyerang semua umur.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

13 Tokoh Ini Berjasa di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:26 WIB

Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:52 WIB

Sejarah Kata Santri, Begini Pendapat Cak Nur

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:18 WIB
X