Ledakan Kasus Covid-19 DKI Jakarta: MUI dan DMI Minta Masyarakat Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur di Rumah

- Rabu, 23 Juni 2021 | 14:56 WIB
SM/Supriyanto - CUCI TANGAN: Jamaah mencuci tangan yang disediakan di Alun-alun Kebumen, di depan Masjid Agung setelah mengikuti Shalat Jumat, Jumat (20/3). (37)
SM/Supriyanto - CUCI TANGAN: Jamaah mencuci tangan yang disediakan di Alun-alun Kebumen, di depan Masjid Agung setelah mengikuti Shalat Jumat, Jumat (20/3). (37)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ledakan kasus Covid-19 di Jakarta serta seiring tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Rate) yang sudah mencapai 90 persen, membuat membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta beserta pimpinan wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) membuat kebijakan baru soal shalat jumat.

MUI dan DMI meminta agar shalat jumat untuk sementara waktu diganti dengan shalat dzuhur di rumah. Demikian tertuang melalui surat edaran tertanggal 21 Juni 2021, yang ditekankan kepada seluruh pengurus/jamaah masjid atau mushola, ulama dan khatib se-DKI Jakarta.

"Ketentuan ini berlaku mulai 22 Juni 2021 sampai dengan 5 Juli 2021 atau sampai ada maklumat selanjutnya," demikian bunyi seruan bersama tersebut, seperti dikutip dari PIkiran-Rakyat.com.

Baca Juga: Masker 2 Lapis Tingkatkan Penyaringan Virus, Efektif Cegah Penularan COVID-19 Varian Delta

Aturan ini dibuat berdasarkan fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19, dan penguatan implementasi PPKM mikro dan percepatan vaksinasi yang mulai diberlakukan 21 Juni 2021.

Dalam surat edarannya, MUI DKI Jakarta menjelaskan seruan tersebut dikeluarkan dengan pertimbangan perkembangan penyebaran kasus Covid-19 yang terjadi pada akhir-akhir ini.

Perlu diketahui bahwa saat ini DKI Jakarta menjadi wilayah zona merah Covid-19.

Baca Juga: Menparekraf Besut Program Wisata Berbasis Vaksin: Rencanakan Wisatawan Masuk Bali sudah Vaksinasi

Tercatat setiap harinya rata-rata ada empat ribu pasien positif Covid-19 muncul di berbagai tempat perawatan di seluruh DKI Jakarta.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RK: Siap-siap Hidup dengan Covid-19 Sebagai Endemi

Selasa, 21 September 2021 | 17:32 WIB

Murni Korsleting, Kebakaran Muncul dari Jam Digital

Selasa, 21 September 2021 | 10:24 WIB
X