Kasus Covid-19 Melonjak, Alarm Pemerintah untuk Waspada dan Bergerak Cepat

- Rabu, 23 Juni 2021 | 08:36 WIB
Tenaga Kesehatan/Foto Antara
Tenaga Kesehatan/Foto Antara

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menyusul lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah, pemerintah diminta waspada sekaligus bergerak cepat mengatasi kondisi ini. Saat ini, seperti sebuah alarm bagi pemerintah.

"Lonjakan kasus ini harus jadi alarm bagi pemerintah untuk waspada dan segera bergerak cepat melakukan langkah antisipasi dengan meningkatkan testing. Jangan sampai kita baru gelagapan setelah semakin banyak daerah zona merah," tutur Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani, dalam keterangan resminya.

Selain itu, kembali ditekankan pentingnya melakukan 3T, yaitu testing, tracing dan treatment serta penegakan protokol kesehatan.

Baca Juga: Stafsus Angkie Temui Wagub Bali, Bahas Prioritas Vaksinasi Penyandang Disabiltas

"Jika diukur per kota atau kabupaten, saya yakin banyak daerah yang kapasitas tes nya masih di bawah standar global. Padahal testing dan tracing ini sangat penting untuk menekan potensi penularan," ucap Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS ini.

Tak ketinggalan, pemerintah agar dapat memastikan fasilitas kesehatan siap dalam merespons lonjakan kasus yang terjadi di berbagai daerah.

"Siapkan kapasitas rumah sakit yang mencukupi, terutama di daerah zona merah. Rumah sakit di daerah yang bukan zona merah juga harus disiapkan untuk membantu menangani pasien. Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) di setiap daerah harus terus dimonitor," kata dia.

Baca Juga: Banyumas Dikabarkan Masuk Zona Merah, Bupati: Informasi Itu Ngawur

Ketersediaan dokter, tenaga kesehatan, dan petugas pendukung lainnya seperti petugas pengurus jenazah dan pembuangan limbah medis, juga harus diperhatikan.

"Kami tidak ingin menambah masalah ikutan akibat kurang antisipatif. Misalnya, saat terjadi lonjakan di Kudus, di sana kekurangan petugas pengubur jenazah sehingga terjadi antrian jenazah yang belum dikubur. Begitu juga dengan kesiapan petugas yang menangani limbah medis agar jangan tercecer di sembarang tempat," ujar Netty.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aniaya Teman Karaoke, 2 Pelaku Ditangkap

Jumat, 24 September 2021 | 20:12 WIB

Presiden Minta Jaga Kelestarian Penyu

Jumat, 24 September 2021 | 01:20 WIB

PTM Tak Akan Disetop

Jumat, 24 September 2021 | 01:10 WIB

Membudidayakan Klanceng agar Sejahtera

Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB
X