Mensos Susun Sistem 'Usul-Sanggah' untuk Bantuan PKH

- Selasa, 22 Juni 2021 | 22:05 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini. SM/Dok
Menteri Sosial Tri Rismaharini. SM/Dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini saat ini tengah menyusun sebuah sistem 'usul-sanggah', terutama untuk bantuan PKH.

Sistem ini bertujuan agar masyarakat bisa turut ikut melaporkan kepada Kementerian Sosial terkait kelaikan penerima manfaat PKH di lingkungannya masing-masing.

Risma sapaan akrabnya menerangkan, siapapun bisa menyanggah kalau mengetahui ada masyarakat yang tidak layak menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) karena kondisi ekonominya yang sudah mandiri.

Baca Juga: Angka Kesembuhan Lebih Rendah dari Kasus Baru Patut Jadi Fokus Penanganan

"Akan ada fasilitas pertama usul dan sanggah siapapun bisa sanggah," kata Risma dalam keterangannya, Selasa, 22 Juni 2021.

Risma menyebutkan, warga yang melaporkan kejanggalan penerima manfaat PKH kepada Kementerian Sosial akan disembunyikan identitasnya, termasuk nomor teleponnya.

Lebih lanjut, untuk melakukan validasi data penerima manfaat PKH di lapangan, Kementerian Sosial akan menggandeng perguruan tinggi.

Baca Juga: Viral Video Supir Kontainer Dikeroyok, Lima Orang Ditetapkan Jadi Tersangka

Kemensos, akan merekrut mahasiswa untuk kemudian melakukan survei ke lapangan. Untuk indikator tingkat kemisikinan sendiri, kata dia, para mahasiswa sudah diberikan oleh Kementerian Sosial.

"Kita kerja sama dengan Perguruan Tinggi mengecek itu kalau ada sanggahan-sanggahan seperti itu," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X