Ada Geliat Pulih, Pemakaian Listrik Pelanggan Besar Meningkat

- Selasa, 22 Juni 2021 | 17:25 WIB
PEMELIHARAAN JARINGAN : Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Beringin Salatiga. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)
PEMELIHARAAN JARINGAN : Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Beringin Salatiga. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Selama pandemi, PLN UID Jabar mencatat pemakaian energi pelanggan besar mengalami peningkatan.

Kondisi itu disebut-sebut tak terlepas dari pertumbuhan jenis usaha tekstil, benang, serat kain, garmen, konveksi dan pakaian jadi.

Pengaruh lainnya karena adanya peningkatan konsumsi listrik di jenis usaha meubel, furniture, hasil olahan kayu dan tekstil, benang, serat kain, garmen, konveksi atau pakaian jadi.

Baca Juga: Cek Penanganan Covid-19 di Kabupaten Semarang, Ganjar Minta Bupati Pantau Mal dan Restoran

Kemudian jenis usaha plastik, karet dan olahannya, serta jenis usaha pengelolaan dan pengolahan air bersih dan juga air minum.

"Kami mencatat konsumsi kWh jual pelanggan 10K per Mei lalu itu naik 6,79 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu sebesar 9,75 TWh," kata Jubir PLN UID Jabar, Iwan Ridwan dalam keterangan yang diterima, Selasa 22 Juni 2021.

Dijelaskan, sebutan pelanggan 10K merujuk pada aktivitas sepuluh ribu pelanggan di wilayahnya yang mempunyai pemakaian kWh jual tertinggi.

Baca Juga: KAI Commuterline Berlakukan Tes Acak Sepekan, Epidemiolog Sebut Harusnya semua Penumpang KRL di Swab Antigen

Mereka memberikan kontribusi kWh jual hingga bulan lalu sebesar 10,42 TWh. Ini setara dengan 47,80 persen dari total kWh jual UID Jabar.

Catatan itu menjadi bagian dari total kWh jual PLN di wilayah tersebut sebesar 20,24 TWh yang setengahnya berasal dari pemakaian kWh pelanggan 10K.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

13 Tokoh Ini Berjasa di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:26 WIB

Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:52 WIB
X