Cuaca Ekstrem, Pemilik Hewan Kesayangan Wajib Waspada Penyakit Ini

- Senin, 21 Juni 2021 | 21:37 WIB
kucing (istimewa)
kucing (istimewa)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para pemilik hewan kesayangan, perlu diingatkan untuk terus waspada saat menghadapi cuaca ekstrem, seperti yang sering terjadi belakangan ini. Cuaca yang tidak menentu sangat mempengaruhi kesehatan hewannya.

Intensitas hujan sangat tinggi yang mengakibatkan meningkatnya kelembaban udara.

"Saat cuaca demikian ada beberapa penyakit yang biasanya menyerang hewan piaraan, terutama anjing dan kucing. Misal penyakit kulit, paru (pneumonia), pan leucopenia, distemper, parvovirus, leptospirosis, dan cat flu atau flu kucing. Penyebabnya bisa virus, bakteri, maupun jamur," kata drh Heru Wahyono, penanggungjawab Animal Center Drh Nugroho Semarang, Senin (21/6).

Baca Juga: Mendalami Alquran Melalui Grammar, Ad Darsuts Tsaani

Secara rinci penyakit itu antara lain panleukopenia (distemper), pada kucing (felis catus) dan parvovirus pada anjing(canis lupus familiaris).

"Karena penyakit tersebut dapat dengan mudah menyerang hewan tersebut saat terjadi cuaca ekstrem, seperti sekarang ini. Pemberian vaksin adalah mutlak untuk pencegahannya," lanjut Heru Wahyono.

Distemper merupakan penyakit akut pada hewan yang menyerang pencernaan, pernapasan, dan sistem saraf pusat. Penyakit itu disebabkan virus Feline Parvo. Penyakit tersebut bisa menyerang kucing berbagai ras.

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Digitalisasi Tetap Menjadi Kunci Pengembangan Daerah

Rabu, 22 September 2021 | 14:33 WIB

Bupati Kolaka Timur dan Lima Staf Terjaring OTT KPK

Rabu, 22 September 2021 | 10:53 WIB

Pak Penghulu pun Kenakan APD

Rabu, 22 September 2021 | 01:35 WIB

PTM Tanpa Izin, 90 Siswa Terpapar Virus Korona

Rabu, 22 September 2021 | 01:29 WIB

Rehab Rumah Tak Layak Huni, BRI Gombong Bantu Rp 50 Juta

Selasa, 21 September 2021 | 21:46 WIB
X