Satu Napi Teroris Ucap Ikrar Setia kepada NKRI, Kemenkumham Jabar Apresiasi Lapas Cibinong

- Senin, 21 Juni 2021 | 20:03 WIB
Napi teroris SJ ikrarkan setia pada NKRI (suaramerdeka.com/dok)
Napi teroris SJ ikrarkan setia pada NKRI (suaramerdeka.com/dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Ikrar setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dilakukan seorang narapidana kasus teror bom di Lapas Kelas IIA Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin, 21 Juni 2021. Sumpah ini dilakukan setelah mantan teroris berinisial SJ ini menjalani masa tahanan di Lapas Cibinong.

Pengucapan janji dan ikrar NKRI ini ialah bentuk implementasi hasil program deradikalisasi, yaitu sebagai pengikat tekad dan semangat, serta penegasan untuk bersedia kembali membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat, Sudjonggo, menyatakan bahwa kesediaan napi teroris untuk kembali berbangsa dan bernegara adalah sebuah bentuk kristalisasi serta pengikat tekad dan semangat yang merupakan implementasi dari hasil program deradikalisasi di Lapas.

Baca Juga: Ratusan Warga Kota Tegal Isoman, Para Srikandi Dirikan Dapur Umum

“Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil Lapas Cibinong dalam melaksanakan Pembinaan kepada napiter, sehingga pada hari ini mampu melaksanakan Upacara Ikrar Setia NKRI kepada satu orang napiter,” ucap Sudjonggo, Senin, 21 Juni 2021.

Turut hadir pada upacara ini, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), perwakilan Badan Intelijen Negara (BIN).

Ada juga Kepala Satuan Tugas Wilayah Jawa Barat Detasemen Khusus 88 Anti Teror Kepolisian Negara Republik Indonesia (Densus 88 AT/Polri), Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat Kepolisian Resor Bogor, Perwira Seksi Operasi Distrik Militer 0621 Kab. Bogor, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kab. Bogor.

Baca Juga: Terkendala Soal Imigrasi, Cantillana Terlambat Gabung Tim

Serta turut hadir Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kab. Bogor, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Bogor Raya, Perwakilan Majelis Ulama Indonesia Kab. Bogor, serta LSM Ruang Damai.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PMI DIY Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:28 WIB

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X