KIB Ingin Bangun Koalisi Besar, Pengamat: karena Butuh Dukungan Partai Lain

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 19:54 WIB
KIB ingin bangun koalisi besar. (foto: tangkapan layar instagram Golkar Indonesia)
KIB ingin bangun koalisi besar. (foto: tangkapan layar instagram Golkar Indonesia)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menanggapi Partai Demokrat yang mengungkapkan butuh koalisi besar untuk memenangkan Pemilu 2024 dan menjalankan pemerintahan.

PAN, sebagai salah satu anggota KIB, menyetujui wacana koalisi besar dan mengajak Demokrat untuk bergabung bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan Golkar dan PPP.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai, koalisi besar yang diinginkan KIB adalah suatu hal yang wajar.

Meninggat KIB butuh masih dukungan dari partai lain.

Baca Juga: Hujan Cuan di Bulan September 2022, Rezeki Moncer bagi 6 Zodiak Ini

"Saya melihatnya jika KIB ingin memperbanyak atau menambah koalisi dari partai-partai politik yang lain, maka itu hal yang wajar. Karena bagaimanapun KIB itu butuh support atau dukungan dari partai-partai yang lain," ujar Ujang.

Menurutnya, koalisi besar mempunyai kelebihan dalam menghadapi pertarungan Pilpres 2024.

Selain menguntungkan bagi untuk tujuan pemenangan pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres), koalisi besar juga bermanfaat dalam menjalankan roda pemerintahan ketika kelak koalisi berhasil menang.

"Karena jika nanti bertarung di Pilpres 2024 dan kemudian menang, artinya kan butuh koalisi besar. Butuh pengamanan begitu ya dari partai-partai koalisi yang ada dalam konteks di pemerintahan maupun di parlemen. Jadi dalam ini koalisi akan diusahakan sebesar mungkin, segemuk mungkin. Sebisa yang dilakukan KIB," terusnya.

Baca Juga: Kaya Banget 6 Zodiak Ini, Dikepung Rezeki dan Cuan dari Segala Arah, Bisa Berbelanja Barang Mewah

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X