27 Asrama Haji Siap Digunakan sebagai Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

- Senin, 21 Juni 2021 | 15:46 WIB
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi. Dok. Kemenag
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi. Dok. Kemenag

JAKARTA, suaramerdeka.com - Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi mengatakan, asrama haji siap digunakan kembali sebagai ruang isolasi pasien Covid-19.

Hal ini menyusul kasus harian Covid-19 dalam sebulan terakhir menunjukkan peningkatan, sehingga sejumlah rumah sakit dipenuhi pasien yang melakukan perawatan dan isolasi.

“Tahun 2020, asrama haji pernah digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19. Tahun ini, Menag Yaqut Cholil Qoumas sudah memberikan izin dan asrama haji siap kembali digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19,” tegas Khoirizi, di Jakarta, Senin 21 Juni 2021.

Baca Juga: Penguatan PPKM Mikro Mulai 22 Juni 2021, Ini 10 Aturan Ketatnya

Khoirizi mengatakan, koordinasi Kementerian Agama dengan Satgas Covid-19 terkait penggunaan asrama haji sebagai ruang isolasi sudah dilakukan sejak lama.

Bahkan, pemanfaatan asrama haji sebagai ruang isolasi juga sudah dilakukan pada tahun 2020.

Pada tahun 2020, lanjut Khoirizi, Kementerian Agama telah memberikan persetujuan penggunaan asrama haji sebagai pilihan karantina sejak 1 April 2020. Sejak saat itu, sudah ribuan pasien yang menjalani proses karantina di asrama haji.

Baca Juga: Cegah Klaster Mal, Swalayan Ramai Manyaran Disegel: Salah Satu Karyawan Diduga Positif Covid-19

Khoirizi menjelaskan, setidaknya ada 27 dari 31 asrama haji di seluruh Indonesia yang siap digunakan untuk penanganan pasien.

Ada empat asrama yang setelah dilakukan kajian belum bisa digunakan karena berbagai alasan, yaitu: Pontianak, Mamuju, Jayapura, dan Sorong.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kemenag

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X