PPKM Mikro di Daerah Zona Merah, Jokowi Minta Isolasi Terpusat di Kecamatan dan Kelurahan

Red
- Senin, 21 Juni 2021 | 14:56 WIB
Petugas berjaga di Rusunawa Kudus yang menjadi lokasi isolasi mandiri bagi pemudik yang positif rapid antigen, Senin (24/5). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Petugas berjaga di Rusunawa Kudus yang menjadi lokasi isolasi mandiri bagi pemudik yang positif rapid antigen, Senin (24/5). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan agar tempat isolasi harus tersebar sebanyak mungkin di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan, untuk meringankan beban fasilitas isolasi yang lebih besar.

Hal ini disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual yang dipantau dari Jakarta, Senin, seperti dikutip dari Antara.

"Beliau (Presiden Joko Widodo, red) memberikan arahan isolasi terpusat itu harus tersebar sebanyak mungkin ke daerah-daerah tersebut, baik kecamatan maupun kelurahan. Sehingga meringankan beban yang ada di isolasi terpusat yang besar-besar seperti Wisma Atlet," ujar Menkes Budi.

Baca Juga: RUU PDP dan KKS Belum Disahkan, Ekosistem Ekonomi Indonesia Terancam

Arahan ini menjadi solusi pemerintah saat pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro terutama untuk daerah yang masuk dalam kategori zona merah diberlakukan. Di daerah tersebut akan dilakukan pengurangan mobilitas 75-100 persen.

Saat penyekatan, jika memungkinkan dapat dilakukan isolasi mandiri, jika tidak maka dapat dilakukan isolasi terpusat.

Terkait banyaknya muncul klaster keluarga, Menkes mengatakan Presiden sudah menyampaikan untuk melakukan pengujian terhadap sekitar orang yang positif, dikarenakan banyak ditemukan kluster keluarga.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Ulang Tahun Ke-60, Banjir Ucapan Selamat

Jika dalam suatu daerah terdapat lebih dari lima rumah yang terkena, Budi menjelaskan bahwa dalam dilakukan penyekatan secara spesifik di tingkat RT dengan bantuan TNI dan Polri.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X