Penyandang Disabilitas Dapat Kuota 2 Persen Rekrutmen CASN

- Senin, 21 Juni 2021 | 10:00 WIB
Penyandang disabilitas. (suaramerdeka.com / dok)
Penyandang disabilitas. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah mengaku memberikan perhatian serius kepada kelompok penyandang disabilitas dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021. 

Pemerintah secara khusus memberi kuota minimal 2 persen untuk formasi khusus dari keseluruhan formasi CASN bagi Penyandang Disabilitas pada tahun ini.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordiantor Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Tb A Choesni mengatakan pentingnya pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sesuai dengan Undang-Undang No 8 Tahun 2016   tentang Penyandang Disabilitas.

Baca Juga: Polres Cilacap Gelar Vaksinasi Massal, 1.772 Orang Jadi Sasaran

“Berdasarkan amanat Undang-Undang terdapat beberapa hak bagi penyandang disabilitas salah satunya yaitu hak untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga tepenuhinya kebutuhan hidup yang layak,” katanya saat membuka Rapat Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian Penyelenggaraan Jaminan Kesetaraan Hak Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Perekrutan Aparatur Sipil Negara secara daring, Jumat (18/6).

Sementara Pelaksana Tugas Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia, Ade Rustama menyampaikan ketentuan perekrutan PPPK mengacu PermenPANRB 28/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021 dan PermenPANRB 29/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional.

Data Susenas 2020 tercatat penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 6,2 juta jiwa, namun baru sekitar 20 persen penyandang disabilitas dapat bekerja.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik Tajam, Epidemiolog Sebut Masyarakat Kian Abai Protokol Kesehatan

Mayoritas bekerja di sektor informal yang rentan terhadap guncangan ekonomi. Untuk itu pemerintah berupaya untuk memenuhi hak dan akses penyandang disabilitas dalam sektor pekerjaan salah satunya melalui rekrutmen CASN tersebut.

“Dengan adanya rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara bagi penyandang disabilitas ini dapat membangun persamaan persepsi serta upaya peningkatan akses penyandang disabilitas terhadap ketersediaan lapangan kerja di lingkungan pemerintahan,” kata Ade.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X