Petani Porang Desa Tukang Raup Ratusan Juta Rupiah Sekali Panen

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:19 WIB
Bupati Semarang Ngesti Nugraha panen Porang/Foto JatengProv.go.id
Bupati Semarang Ngesti Nugraha panen Porang/Foto JatengProv.go.id

UNGARAN, suaramerdeka.com – Pemerintah Kabupaten Semarang akan terus mendorong petani untuk menanam porang (Amorphophallus muelleri) yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan, di lahan seluas satu hektare, petani dapat menghasilkan rata-rata 70 ton umbi porang dalam sekali panen. Padahal, harganya mencapai Rp7.500 per kilogramnya, atau lebih. Bahkan, tanaman yang dikenal juga dengan nama iles-iles itu, ternyata juga menjadi komoditas ekspor.

Petani akan didampingi untuk menanam porang termasuk cara tanam yang baik dan pemasarannya. Diharapkan, hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” kata bupati saat panen perdana tanaman porang di lahan milik kelompok tani “Sendang Mulyo 5” Dusun/Desa Tukang, Pabelan, Jumat (18/6/2021) siang, dikutip dari laman resmi Jatengprov.go.id

Baca Juga: Pinjol Ilegal Meresahkan, Bareskrim Polri Buru 3.000 Layanan Pinjaman Online ke Seluruh Indonesia

Bupati optimistis, budidaya tanaman Porang akan berhasil di Kabupaten Semarang. Pasalnya, potensi pengembangan, terutama lahan sangat mendukung.

Selain di Pabelan, lanjut bupati, para petani di Tuntang, Banyubiru, dan beberapa kecamatan lainnya mulai melirik tanaman yang dulu dianggap tidak berharga ini untuk ditanam.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang Wigati Sunu yang menjelaskan, tanaman porang termasuk komoditas yang mudah ditanam.

Baca Juga: SBMPTN 2021, Psikologi Jadi Prodi Favorit di Undip

Selain tidak memerlukan perawatan khusus, tanaman umbi-umbian ini juga dapat ditanam di lahan marginal atau lahan kosong yang kurang produktif. Bahkan dapat ditanam di bawah tanaman tegakan seperti mahoni dan sengon.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: jatengprov

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Munas Alim Ulama, PPP Kumpulkan 4 Gubernur di Semarang

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:38 WIB
X