Kasus Covid-19 Anak Capai 12,5 Persen, IDAI Sebut Ruang ICU Anak-Anak Belum Tersedia

Red
- Sabtu, 19 Juni 2021 | 16:23 WIB
Pasien Covid-19/Foto Istimewa
Pasien Covid-19/Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan laporan kasus terkonfirmasi positif Covid 19 pada anak usia 0-18 tahun telah mencapai 12,5% terhadap total kasus Covid-19 Tanah Air.

Berdasarkan data nasional saat ini, satu dari delapan kasus terkonfirmasi Covid-19 adalah anak-anak. Data IDAI menunjukkan, tingkat kematian atau case fatality rate pada anak berusia 0-18 tahun mencapai 3%-5%.

"Jadi negara kita memiliki jumlah kematian paling banyak di dunia. Bisa dibayangkan, satu dari delapan pasien tersebut adalah anak, dan meninggal 3-5%, dan bervariasi setiap pekan," ujar Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman B. Pulungan dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di laman IDAI TV, Sabtu (19/6), seperti dikutip dari Kata Data.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di DKI Terus Melonjak, Anies Kumpulkan Pasukan TNI-Polri

Ironisnya, sebagian besar rumah sakit belum menyediakan ruang perawatan intensif atau Unit Intensive Care (ICU) bagi anak-anak yang terkena Covid-19. Bahkan, tenaga kesehatan juga sudah mulai menurun, terutama dokter dan perawat.

"Obat-obatan yang khusus seperti IVFD (Intravenous Fluid Drops atau infus) tidak tersedia karena tidak ada di skema BPJS. Jadi banyak hal yang dikatakan, kita bisa kolaps," kata Aman.

Maka itu, IDAI mengimbau semua kegiatan yang melibatkan anak usia 0-18 tahun diselenggarakan secara dalam jaringan (online). Orang tua atau pengasuh juga diminat mendampingi anak saat beraktivitas.

Baca Juga: Pertumbuhan UMKM Jadi Perhatian Serius Pemerintah, Saatnya Naik Kelas

Aman juga menyarankan para orang tua untuk tidak membawa anak ke luar rumah, kecuali dalam keadaan mendesak. Jikapun membawa anak beraktivitas ke luar rumah, orang tua sebaiknya menghindarkan anak dari area dengan ventilasi tertutup, kepadatan, dan risiko kontak erat.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X