Untung Ada Laksamana Maeda, Perwira Jepang yang Menjamin Keselamatan Bung Karno

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:58 WIB
Laksamana Maeda (sumber foto: tidak diketahui)
Laksamana Maeda (sumber foto: tidak diketahui)

suaramerdeka.com - Peristiwa Proklamasi  Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, tidak terlepas dari sosok Laksamana Tadashi Maeda.

Di rumah perwira tinggi angkatan laut Jepang itulah, teks proklamasi yang dibacakan Bung Karno disusun.

Rumah Laksamada Maeda, dipilih sebagai tempat penyusunan teks Proklamasi karena sikap Maeda sendiri yang memberikan jaminan keselamatan pada Bung Karno  dan tokoh-tokoh lainnya.

Ceritanya, seperti dilansir dari laman  setneg.go.id, berdasarkan tulisan Dadan Wildan, ‘’Membuka Catatan Sejarah: Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 1945,’’ rombongan penjemput Soekarno-Hatta tiba di Rengasdengklok sekitar pukul 17.00 pada 16 Agustus 1945.

Baca Juga: Berbahagialah 3 Zodiak Ini, Kedatangan Rezeki dan Cuan Skala Besar

Ahmad Soebardjo memberikan jaminan, bahwa Proklamasi Kemerdekaan akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945, selambat-lambatnya pukul 12.00.

Dengan jaminan itu, komandan kompi PETA setempat, Cudanco Soebeno, bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta kembali  ke Jakarta (Marwati Djoened Poesponegoro,  ed. 1984:82-83).  

Rombongan Soekarno-Hatta tiba di Jakarta sekitar pukul 23.00.

Langsung menuju rumah Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Imam Bonjol No.1, setelah lebih dahulu menurunkan Fatmawati dan putranya di rumah Soekarno.

Baca Juga: Siap-siap Kaya 6 Zodiak Ini, Bakal Banyak Ketumpahan Rezeki dan Cuan dalam Seminggu ke Depan

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X