Pemilu 2024, Suara Potensial Pemilih Jokowi Berpotensi Jadi Rebutan Capres

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:25 WIB
Presiden Joko Widodo (Twitter/jokowi)
Presiden Joko Widodo (Twitter/jokowi)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Para calon presiden (Capres) yang bertarung pada Pemilu 2024 dipastikan berebut suara potensial dari pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengamat Politik Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Agus Riewanto memaparkan, para capres sudah tentu ingin menjadi bagian dari jejaring Jokowi.

Karena selama proses menjadi Presiden RI hingga dua periode, Jokowi dikelilingi basis relawan yang kuat dari berbagai sektor segmentasi.

"Dan itu tak bisa diabaikan banyak orang (capres). Selama ini ada modal kuat hingga terpilih jadi presiden dua kali. Karena punya daya tawar di depan partai dan mampu mengomunikasikan beragam partai," terang dia, Selasa 16 Agustus 2022.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia BWF 2022, Ini Formasi Lengkap Wakil Indonesia

Untuk itu kata Agus yang juga Ahli Hukum dan Tata Negara tersebut, para capres akan berlomba-lomba ingin dikenal sebagai bagian dari jejaringnya Jokowi. Harapan itu agar menyedot pemilih potensial sehingga menang dalam Pilpres 2024.

Jokowi menurut Agus, orang yang kini paling berpengaruh di Indonesia sehingga menjadi bagian yang menentukan siapapun yang akan menjadi capres.

"Siapapun Capresnya, ingin menjadi bagian dari Pak Jokowi. Berupaya didukung Jokowi. Mereka (Capres) sudah pasti berupaya meminta restu Jokowi," jelas dia.

"Termasuk Jokowi menjadi salah satu penentu kemenangan capres yang bertarung di Pilpres 2024," akunya menekankan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 16 Agustus 2022: Berawan, Ada Potensi Diguyur Hujan Ringan pada Malam Hari

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X