34 Syarat Ketat Lolos Seleksi Paskibraka, Ada Cerita Megawati hingga Pasha Ungu

- Senin, 15 Agustus 2022 | 18:21 WIB
Pasukan Paskibra (Jihan Ghaida Mujahidah)
Pasukan Paskibra (Jihan Ghaida Mujahidah)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lekat dengan sosok pemuda-pemuda unggul calon pemimpin bangsa.

Dari Megawati hingga Sigit Pasha Ungu diketahui pernah menjadi bagian dari anggota Paskibraka.

Selain Megawati yang pernah bertugas menerima bendera Pusaka dari ayahnya sendiri, Soekarno, ada juga nama pejabat yang pernah memiliki pengalaman menjadi Paskibraka.

Baca Juga: 12 Tafsir Mimpi Bunga, Tanda Kasih Sayang, Keberuntungan, Kehormatan hingga Kesedihan

Sebut saja, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani. Istri dari Tubagus Chaeri Wardana ini ternyata merupakan mantan Paskibraka perwakilan Provinsi Jawa Barat pada tahun 1992.

Selain itu, Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo juga pernah menjadi Paskibraka Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 1997. Dia memulai kariernya di dunia musik dan lebih dikenal dengan sapaan Pasha Ungu.

Pengacara Farhat Abbas pernah bertugas sebagai Paskibraka pada tahun 1992, Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan anggota DPR RI Abdul Kadir Karding bertugas pada tahun 1991.

Menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tak semudah yang kita kira. Untuk mencapai ke sana, siswa-siswa tingkat SMA atau sederajat di seluruh Provinsi di Indonesia harus melalui sejumlah seleksi ketat.

Baca Juga: Low MPV Beritur Canggih, Hyundai Stargazer, Resmi Diperkenalkan di Semarang

Seorang anggota paskibraka harus terlihat sempurna, karena pengibaran bendera dilakukan di depan sejumlah pejabat negara termasuk Presiden RI dan Wakil Presiden RI.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X