Patut Dibanggakan, Indonesia Raih Penghargaan IRRI Atas Keberhasilan Swasembada Beras

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:40 WIB
ILustrasi petani sawah (aktual.com)
ILustrasi petani sawah (aktual.com)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pemerintah Republik Indonesia berhasil menerima penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI), dikarenakan memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras periode 2019-2021.

“Kami senang berada di sini untuk merayakan capaian Indonesia dalam sektor agrikultur," Ujar Direktur Jenderal IRRI Jean Balie.

"Pada kesempatan ini, saya ingin menyerahkan plakat kepada Presiden Jokowi sebagai bentuk pengakuan dan ucapan selamat atas keberhasilan Indonesia mencapai swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan nasional," Imbuhnya saat menyerahkan penghargaan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Minggu 14 Agustus.

Baca Juga: Tsunami Trending Topic di Twitter Hari ini Gara-gara Manchester United, Waduh Ada Apa Nih?

Penghargaan tersebut bertajuk “Acknowledgment for Achieving Agri-food System Resiliency and Rice Self Sufficiency during 2019-2021 through the Application of Rice Innovation Technology” atau “Penghargaan Sistem Pertanian-Pangan Tangguh dan Swasembada Beras Tahun 2019-2021 melalui Penggunaan Teknologi Inovasi Padi”.

Lantas Presiden Ri Joko Widodo tak lupa mengungkapkan terima kasih kepada seluruh rakyatnya, terutama para petani-petani yang telah bekerja di sawah.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, utamanya kepada pelaku riil yang bekerja di sawah, para petani Indonesia, atas kerja kerasnya tentu saja, para bupati, para gubernur, Kementerian Pertanian yang semuanya bekerja sama dengan riset-riset dari universitas-universitas, perguruan tinggi yang kita miliki. Ini adalah kerja yang terintegrasi, kerja bersama-sama, kerja gotong-royong, bukan hanya milik kementerian saja,” ujar Presiden Jokowi usai menerima penghargaan.

Baca Juga: Awas, 4 Tanaman Hias Ini Berbahaya untuk Hewan Peliharaamu, No.3 Sebabkan Kematian

Terkait perihal tersebut sejak tahun 2015 pemerintah memang telah mengupayakan sebaik-baiknya dalam membangun infrakstruktur di bidang pertanian. Seperti yang diutarakan Presiden RI berikut.

“Seingat saya, sampai hari ini telah diresmikan 29 bendungan besar dan tahun ini akan selesai lagi totalnya 38 bendungan. Dan sampai tahun 2024 akan kita selesaikan kurang lebih 61 bendungan plus embung 4.500 embung, dan 1,1 juta jaringan irigasi yang telah kita bangun selama 7 tahun ini,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Alasan Penting Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Selasa, 27 September 2022 | 17:25 WIB
X