Buku Laporan Vaksinasi Covid-19 Diluncurkan, Rangkuman Seluruh Perjalanan Indonesia Sejak Awal Pandemi

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 06:15 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Peluncuran Buku Laporan Vaksinasi Covid-19 di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (11/8/2022) (Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Peluncuran Buku Laporan Vaksinasi Covid-19 di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (11/8/2022) (Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meluncurkan buku laporan vaksinasi Covid-19 bersamaan dengan dilaksanakannya diskusi panel terkait tantangan, capaian, dan evaluasi vaksinasi Covid-19.

Buku laporan vaksinasi Covid-19 tersebut merangkum seluruh perjalanan Indonesia sejak awal pandemi, kebijakan-kebijakan yang diambil dalam menangani dan mengendalikan pandemi, beserta seluruh dinamika yang terjadi di lapangan.

“Saya berharap bahwa buku ini dapat meng-capture kebijakan-kebijakan publik yang dibuat. Karena dalam G20 pun kita memasukkan salah satu outcome dari G20 yaitu terkait arsitektur kesehatan global,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Karim Benzema, Thibaut Courtois, dan Kevin De Bruyne Masuk Nominasi Pemain Terbaik UEFA 2021/2022

Hal itu diungkapkan dalam acara Peluncuran Buku Laporan Vaksinasi Covid-19 dan Diskusi Panel Evaluasi, Tantangan, dan Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis, 11 Agustus 2022.

Dalam penanganan pandemi, Pemerintah melakukan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat dengan pembatasan mobilitas, kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), dan vaksinasi.

Program vaksinasi sendiri bertujuan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 dengan membentuk kekebalan komunal (herd immunity) yang kemudian bertransformasi menjadi perlindungan kelompok (herd protection).

Baca Juga: Jangan Iri Ya! Ini Dia 3 Zodiak dengan Kondisi Finansial Paling Stabil di Agustus 2022

“Salah satu yang juga terobosan Indonesia adalah digitalisasi health care. Tidak semua negara membolehkan resep dikirim tanpa bertemu dokter."

"Tapi Indonesia dengan platform konsultasi kesehatan digital, ketika ditemukan kasus positif Covid-19 langsung dikirim obat-obatan oleh dokter."

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X