Dewan Pers Dorong SMSI Berikan Perlindungan Perusahaan Pers

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:27 WIB
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra berdiskusi dengan Ketua SMSI Firdaus dan jajaran. Suaramerdeka.com / dok
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra berdiskusi dengan Ketua SMSI Firdaus dan jajaran. Suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com- Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra mendorong Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) memberikan proteksi terhadap perusahaan pers.

"Saya sampaikan kepada SMSI, mari kita berikan proteksi dan perlindungan kepada perusahan-perusahaan pers di Indonesia,” ungkap Azyumardi Azra dalam pertemuan dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Gedung Dewan Pers, Jakarta pada Jumat (12/8/2022).

Guru besar UIN Syarif Hidayatullah itu menegaskan perlindungan tersebut agar mereka tetap tumbuh dan diterima masyarakat luas.
Baca Juga: Siap-siap Gembira 5 Zodiak Ini, Keberuntungan di Tangannya hingga Mengundang Rezeki dan Cuan Berlimpah

Karena perkembangan media sosial dari luar negeri, seperti youtube, facebook, twiter dan lainnya, juga pesat di negeri ini.

Ia menyatakan, media online memegang peranan penting dalam pers nasional dewasa ini. Tidak hanya karena jumlahnya yang besar, tetapi dampaknya terhadap publik juga sangat luas.

Mengacu kepada UU No 40 tahun 1999 tentang Pers, fungsi perusahaan media adalah sebagai penyebar informasi, pendidik, hiburan dan kontrol sosial.

Baca Juga: Yuk Disimak, Lirik Lagu Promise dari Melly Goeslaw : Aku Tak Perlu Bahasa Apapun

Fungsi-fungsi itu, lanjutnya, tetap harus dijalankan oleh media online, supaya kehadirannya, dapat memberikan dampak positif.

Ia mendorong SMSI ikut mengawal media siber menjadi profesional, baik di tataran redaksi maupun perusahaan.

"Di tataran redaksi tentu sesuai dengan apa yang ditetapkan Dewan Pers, bahwa penanggung jawab dan pemimpin redaksi, memiliki latar belakang sebagai wartawan utama. Demikian juga redaksi perlu memiliki wartawan kualifikasi wartawan muda dan madya yang menjadikan kerjanya semakin profesional.," ungkapnya.

Baca Juga: Hari UMKM Nasional: Penjualan UMKM Semarang Naik Dua Kali Lipat Sejak Bergabung di Tokopedia

Halaman:

Editor: Agus Toto Widyatmoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Yahya: Jangan Sampai Peradaban Runtuh

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:02 WIB
X