Tutup Rakernas Apeksi XV, Mendagri Apresiasi Kepala Daerah Atasi Masa Krisis

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:55 WIB
Mendagri Tito Karnavian menutup secara resmi Rakernas Apeksi XV di Kota Padang, Selasa 9 Agustus 2022. (suaramerdeka.com / dok Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian menutup secara resmi Rakernas Apeksi XV di Kota Padang, Selasa 9 Agustus 2022. (suaramerdeka.com / dok Kemendagri)

PADANG, suaramerdeka.com - Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat resmi ditutup Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Hotel Truntum, Padang, Selasa 9 Agustus 2022.

Dalam pidatonya Mendagri mengapresiasi para wali kota yang hadir yang telah berjibaku menjalankan pemerIntahan di daerahnya masing-masIng di tengah berbagai pembatasan akibat pandemi Covid-19.

"Pandemi telah mengajarkan sisi kepemimpinan yang baik. Bagaimana me-manage di tengah segala keterbatasan. Semua kepala daerah mengalaminya. Karena itu saya sangat apresiasi kepala daerah yang telah sukses melewati masa krisis," kata Mendagri.

Baca Juga: Pilih Budidaya Bebek Pedaging atau Petelur? Tips Praktis untuk Peternak Pemula

Untuk lebih memperkuat ekonomi daerah, Tito mengajak para kepala daerah untuk memberikan perhatian penuh pada sektor perekonomian melalui aktivasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan juga aktivasi Satgas Pangan Daerah masing-masing.

"Tolong tugaskan pada TPID dan satgas pangan, monitor setiap hari harga pangan. Sebab pangan ini faktor utama inflasi," ujarnya.

Diprediksi beberapa tahun ke depan akan terjadi gejolak ekonomi yang lebih besar yang dikenal dengan istilah deep darkness.

Baca Juga: Cek Prediksi Karir dan Keuangan Zodiak Aries, Aquarius, Cancer, Capricorn, Gemini, Leo, Kamis 11 Agustus 2022

"Jadi tolong ini jadi perhatian serius. Jika ada persoalan pangan di daerahnya, itu berarti kepala daerahnya tidak bekerja," ucap Tito Karnavian.

Selain itu, Mendagri juga mengimbau kepala daerah untuk dapat memanfaatkan kewenangannya dalam upaya memaksimalkan potensi daerah agar daerah mandiri secara fiskal.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 11:10 WIB
X