70,2 Persen Jamaah Telah Pulang ke Tanah Air

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:16 WIB
KETERANGAN PERS : Kepala Daker Bandara PPIH Arab Saudi, Haryanto, memberikan keterangan pers terkait pemulangan jamaah haji Indonesia. (suaramerdeka.com/Surya Yuli P)
KETERANGAN PERS : Kepala Daker Bandara PPIH Arab Saudi, Haryanto, memberikan keterangan pers terkait pemulangan jamaah haji Indonesia. (suaramerdeka.com/Surya Yuli P)

MADINAH, suaramerdeka.com - Hingga Kamis (4/8) siang pukul 16.00 waktu Arab Saudi, jumlah jamaah haji Indonesia yang dipulangkan ke Tanah Air, sebanyak 65.063 org atau setara dg 70,2%.

Diperkirakan pada tanggal 12 atau 13 Agustus, seluruh jamaah haji Indonesia sudah dipulangkan ke Tanah Air.

Wartawan Suara Merdeka, Surya Yuli Purwariyanto, anggota Media Center Haji (MCH) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melaporkan, saat ini kegiatan jamaah haji terpusat di Madinah yang sedang melaksanakan arbain, atau shalat wajib berjamaah selama 40 kali berturut-turut.

Baca Juga: Arah Rumah Hadap Utara Datangkan Keberuntungan? Cek Fakta Nomor 2 Bikin Rezeki Nggak Bakal Habis

Pada Kamis (4/8) ini juga, seluruh jamaah gelombang 2 yang sebelumnya melaksanakan ibadah di Makkah sudah semuanya bergerak ke Madinah. Artinya sudah tidak ada lagi jamaah haji Indonesia yang berada di Makkah.

''Sampai saat ini jamaah haji yg sudah diberangkatkan dari Arab Saudi ke Tanah Air sebanyak 165 kloter dengan jumlah jamaah sebanyak 65.063 orang atau 70,2%,'' kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara PPIH Arab Saudi, Haryanto.

Sementara itu, operasional penyelenggaran haji di Daker Makkah berakhir Kamis. Hal itu ditandai dengan keberangkatan tiga kloter terakhir menuju Madinah.

Baca Juga: Makkah, Kota Tua di Lembah Tandus Jadi Daya Tarik Sejak Ribuan Tahun Lalu (2)

Ketiganya adalah kloter 8 Embarkasi Balikpapan (BPN), serta kloter 42 dan 43 Embarkasi Solo (SOC).

“Alhamdulillah, operasional layanan Daker Makkah berakhir hari ini. Sebanyak 45.124 jemaah haji yang tergabung dalam 114 kloter sudah dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, dari 15 hingga 30 Juli 2022,” terang Kepala Daker Makkah M Khanif.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X