Bahaya! BMKG Ingatkan Potensi Tsunami Gempa Bumi Megathrust di Cilacap, Masyarakat Diminta Siaga

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 16:30 WIB
Ilustrasi Gempa (Pixabay) (vchal)
Ilustrasi Gempa (Pixabay) (vchal)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Belakangan ini, masyarakat dihebohkan adanya potensi Tsunami yang akan kembali melanda tanah air akibat gempa bumi bermagnitudo 8,7 SR yang akan mengguncang pantai selatan Jawa Tengah, khususnya Cilacap.

Menanggapi ancaman bencana gempa bumi berpotensi tsunami yang akan melanda Cilacap BMKG pada 27-28 Juli 2022 menggelar sekolah lapangan Gempabumi (SLG).

Kegiatan itu diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari berbagai kalangan seperti TNI, Polri, BASARNAS, SATPOL PP, PMI, Perwakilan SKPD, Kecamatan Kelurahan/ Desa, relawan dan masyarakat umum

Baca Juga: Ingin Segera Menikah? Cus Hafalin Doa Manjur ini Agar Jodohmu Datang, Lengkap dengan Arab Latin dan Artinya

Prediksi adanya gempa bumi hingga berpotensi Tsunami di Cilacap ini diungkap oleh langsung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui unggahan di media social @Infobmkg .

Dalam unggahan tersebut kepala badan BMKG, Dwikorita Karnawati meminta pemerintahan daerah dan masyarakat untuk terus meningkatkan kesiap-siagaan guna mengantisipasi masyarakat akan ancaman gempa bumi dan tsunami di sepanjang pantai selatan.

Dwikorita Karnawati juga menjelaskan bahwa Cilacap yang berada di garis pantai selatan Jawa menghadap langsung zona tumbukan lempeng antara lempeng Samudra Hindia dan Lempeng Eurasia.

Baca Juga: 11 Satpam RSUP Kariadi Semarang Jadi Tersangka Penganiayaan, Polisi Beberkan Siksaan pada Korban

Dari hasil pemetaan tsunami dengan skenario terburuk, dikhawatirkan berpotensi terjadinya tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 m di pantai Cilacap.

Sebagai akibat dari gempa dengan kekuatan 8,7 SR pada zona megathrust dalam tumbukan lempeng tersebut.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Heboh! Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:55 WIB
X