Edukasi Produk Halal pada Anak, UMKM Butuh Gencarkan Sosialisasi

- Jumat, 18 Juni 2021 | 22:29 WIB
Tiga dosen UAD melakukan sosialisasi dan edukasi produk halal secara virtual yang diikuti orang tua, murid-murid, staf, guru SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan, Yogyakarta, belum lama ini. (SM/dok)
Tiga dosen UAD melakukan sosialisasi dan edukasi produk halal secara virtual yang diikuti orang tua, murid-murid, staf, guru SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan, Yogyakarta, belum lama ini. (SM/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama Prodi Bisnis Jasa Makanan Fakultas Ekonomi UAD melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai produk halal dengan sasaran konsumen produk UMKM, belum lama ini.

Kegiatan dalam rangka pengabdian masyarakat tersebut digelar secara virtual. Sosialisasi bekerja sama dengan Studio Wibraga milik SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan, Yogyakarta, itu diikuti sekitar 88 peserta, terdiri atas guru, staf, wali siswa, dan siswa dari SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan.

Ketua kegiatan pengabdian masyarakat, Apt.Aprilia Kusbandari, M. Sc mengemukakan, keikutsertaan anak-anak SD dalam sosialisasi ini karena mereka merupakan konsumen yang rentan dan dikhawatirkan mengonsumsi makanan nonhalal.

Baca Juga: Pensiun MotoGP, Valentino Rossi: Hanya Imajinasi Jurnalis Terlalu Tinggi

''Sosialisasi ini sebagai keseimbangan informasi produk halal bagi konsumen, sehingga pelaku UMKM makin tergerak untuk memastikan kehalalan produk mereka,'' kata dosen Farmasi UAD tersebut.

Pengabdian masyarakat melibatkan tiga dosen UAD yaitu Apt. Aprilia Kusbandari M.Sc (Farmasi UAD), Mustofa AhdaM.Sc (Farmasi UAD) dan Palupi Melati STP. (Prodi Bisnis Jasa Makanan UAD).
Aprilia Kusbandari menambahkan, program pemerintah Indonesia mengenai Jaminan Produk Halal sudah disosialisasikan pemerintah sejak diterbitkan UU Jaminan Produk Halal No 33 Tahun 2014.UAD sebagai kampus yang bernaung dibawah Muhammadiyah berusaha membantu program pemerintah tersebut dengan melakukan sosialisasi program tersebut kepada masyarakat.

Sosialisasi tersebut didukung sumber daya manusia dari berbagai program studi yang relevan dalam upaya memberikan pemahaman kehalalan produk di Indonesia. Fakultas Farmasi UAD, Prodi Bisnis Jasa Makanan, Fakultas Ekonomi UAD, sebelumnya telah mengadakan sosialisasi produk halal khusus pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pemateri kegiatan, Mustofa Ahda MSc mngemukakan, konsumen harus melihat label halal pada sebuah produk, sehingga menjadi implementasi bersama dalam rangka peduli halal produk yang akan mereka dikonsumsi.

Baca Juga: Hendi Komitmen Cegah dan Berantas Korupsi

Selain sosialisasi makanan halal juga dilakukan edukasi mengenai bahan tambahan makanan yang disampaikan oleh Apt Aprilia Kusbandari M.Sc. Para guru, murid dan orang tua mendapat edukasi berbagai bahan makanan tambahan yang aman digunakan dan yang dilarang pemerintah.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Kelompok UKM di Sleman Didorong Bentuk Koperasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:01 WIB

Hendi Dukung UMKM Naik Kelas Lewat Desain Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:47 WIB

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X