Dorong Kualitas Lawyer, IPHI Gelar Ujian Calon Advokat

- Jumat, 22 Juli 2022 | 13:25 WIB
Pengurus DPD IPHI Jateng bersama penyelenggara kegiatan memberikan arahan kepada peserta Ujian Calon Advokat yang diselenggarakan di Hotel Metro Semarang, Jumat 22 Juli 2022. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)
Pengurus DPD IPHI Jateng bersama penyelenggara kegiatan memberikan arahan kepada peserta Ujian Calon Advokat yang diselenggarakan di Hotel Metro Semarang, Jumat 22 Juli 2022. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - DPD Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) Jawa Tengah menyelenggarakan Ujian Calon Advokat (UCA) untuk pertama kalinya setelah sempat vakum.

Ketua DPD IPHI Jateng, Victor Nizam Ferdinansah MH menyatakan, IPHI ingin ujian calon lawyer tersebut akan menghasilkan advokat-advokat yang pejuang.

Menurutnya, organisasi profesi advokat yang berdiri sejak 1987 ini komitmen dan serius untuk menghasilkan para advokat yang berkompeten dan berkualitas, sebagaimana yang diamanahkan almarhum Indra Sahnun Lubis, eks Ketua Umum DPP IPHI.

Baca Juga: Pakan Olahan Ampas Tahu Manjakan Peternak? Simak, Praktisi Beberkan Kelemahannya

"Sekarang kami mulai gerakkan lagi. Kami ingin eksistensi IPHI seperti yang dulu dan bisa berkibar di wilayah Nusantara. IPHI terus komitmen memposisikan sebagai organisasi profesi advokat yang betul-betul mewadahi para advokat dan calon advokat," kata Victor usai kegiatan UCA di Hotel Metro Semarang, Jumat 22 Juli 2022.

Dia juga menjelaskan, untuk menjadi seorang advokat, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui.

Mulai dari persyaratan administrasi seperti lulus sarjana di bidang ilmu hukum.

Baca Juga: Cetak Tenaga Kerja Profesional, FT Unimus Kenalkan Budaya Keselamatan Kerja Sejak Dini

Kemudian mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan Ujian Calon Advokat, untuk selanjutnya direkomendasikan atau diajukan oleh organisasi profesi advokat seperti IPHI ke Pengadilan Tinggi.

"Peserta ujian calon advokat yang dinyatakan lolos oleh Panitia Nasional, maka akan kami usulkan ke Pengadilan Tinggi untuk diangkat menjadi advokat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ikadin : Profesi Advokat Wajib Junjung Kode Etik

Rabu, 28 September 2022 | 15:40 WIB
X