Pasien dengan Komorbid Paling Rentan Terkena Covid 19

- Kamis, 17 Juni 2021 | 22:21 WIB
 Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Wiku Adisasmito. (suaramerdeka.com / dok)
Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Wiku Adisasmito. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Saat Covid-19 menghampiri Indonesia, muncul pula istilah komorbiditas dan komorbid terkait penyakit penyerta dari pasien corona.

Sebagai informasi, Komorbid adalah sebuah istilah dalam dunia kedokteran yang menggambarkan kondisi bahwa ada penyakit lain yang dialami pasien selain dari penyakit utamanya.

Pasien Covid-19 dengan komorbid atau penyakit bawaan termasuk ke dalam kelompok yang paling rentan.

Bahkan, Kementerian Kesehatan menyatakan komorbid sebagai penyebab terbanyak kematian pasien corona di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur dr. Herlin Ferliana, M.Kes. Ia menjelaskan, di Provinsi Jawa Timur sebanyak 95 persen pasien corona meninggal karena komorbid, di antaranya penyakit paru-paru dan jantung.

Baca Juga: Ini Tanggapan Coca Cola Usai CR7 Singkirkan Minuman Miliknya

Sementara itu, Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 juga sudah pernah melakukan analisis kematian pasien corona berdasarkan usia dan riwayat komorbid atau penyakit penyerta.

Dalam hal ini, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan hasil analisis terkait komorbid pasien corona tersebut tengah diusahakan masuk jurnal ilmiah internasional yaitu PLOS One.

Penelitian selama 5 bulan terakhir itu mencatat, pasien corona usia 31-45 tahun berisiko 2,4 kali lipat lebih tinggi terhadap kematian akibat Covid-19 ketimbang pasien corona usia lainnya. Sementara pasien corona usia 46-59 tahun, berisiko 8,5 kali lipat lebih tinggi terhadap kematian akibat Covid-19.

Baca Juga: Liga 1 dan 2 Musim 2021-2022 Tanpa Penonton, LIB: Stadion Indonesia Belum Siap Gunakan Single Seat

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

BPJS Kesehatan Jamin Kelahiran, Simak Selengkapnya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:55 WIB
X