Vaksinasi di Bali Capai 93 Persen, Wamenkes: Lansia Punya Peran Penting di Sisi Demografi

Red
- Kamis, 17 Juni 2021 | 19:47 WIB
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Dok. Kemenkes RI)
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Dok. Kemenkes RI)

DENPASAR, suaramerdeka.com - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia di Bali mencapai 93 persen. Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengapresiasi capaian tersebut.

"Kami melakukan percepatan vaksinasi seluruh nusantara, Bali adalah salah satu contoh pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan dengan baik, sudah ada yang mencapai 93 persen di Bali, bagaimana peran masyarakat dan pemerintah kemudian dari TNI-Polri bekerja sama. Kami upayakan terutama di tempat-tempat yang capaian vaksinasinya masih kurang," kata Wamenkes di Denpasar, Bali, Kamis, seperti dikutip dari Antara.

Jumlah penduduk lansia di Indonesia sebanyak 27,1 juta artinya 10 persen dari jumlah penduduk. Kemudian, pada tahun 2025 Indonesia akan punya 33,7 juta artinya 11,8 persen dari seluruh penduduk.

Baca Juga: Anji Ajukan Assesment untuk Rehabilitasi di BNNP DKI Jakarta

"Pada peringatan Hari Lansia Nasional ini, mengingatkan kita bahwa lansia mempunyai peranan penting untuk sisi demografi di Indonesia. Kita akan memasuki usia lansia. Kondisi tubuh dan fisik lansia semakin lemah dan ini menjadi tantangan supaya lansia bisa sehat," katanya.

Secara nasional, 74 persen lansia bisa melakukan kegiatan secara mandiri dan produktif dalam bekerja. Kemudian, 90 persen di antara mereka tinggal di lingkungan keluarga. Sehingga memastikan lansia bisa produktif dan sehat menjadi tanggung jawab bersama.

Kemenkes juga memberikan penghargaan pada gerakan vaksinasi lansia, dengan capaian vaksinasinya tinggi, yaitu Bali, Riau, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Yogyakarta.

Baca Juga: Analisis Ryan Kiryanto: Pemulihan Ekonomi Bergantung Kecepatan Distribusi Vaksinasi


"Memang kondisi pada lansia banyak kendalanya, salah satunya mobilisasi karena pada lansia itu harus datang ke tempat vaksinasi menjemput bola di mana lansia tinggal. Kami upayakan maksimal dan mencontohkan daerah-daerah dengan capaian vaksinasinya baik," katanya.

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kartini Rustandi mengatakan puncak Hari Lansia Nasional dilaksanakan di Provinsi Bali karena Bali memiliki populasi lansia cukup besar yaitu 11,58 persen dari penduduknya.

"Bali memiliki populasi lansia cukup besar 11,58 persen dari penduduknya, dan juga Bali merupakan lokasi pemodelan program perawatan jangka panjang yang dilakukan bersama Bappenas Kemenkes yang juga mendapat komitmen dari Pemerintah Provinsi Bali," katanya.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Target 8 Kursi, PKB Kota Semarang Gelar Evaluasi

Minggu, 26 September 2021 | 19:45 WIB

CSIS: Komunikasi Politik Airlangga Hartarto Kuat

Minggu, 26 September 2021 | 17:40 WIB
X