Perilaku Masyarakat Disiplin Prokes Tentukan Suksesnya Pengendalian Covid-19

- Kamis, 17 Juni 2021 | 16:21 WIB
Masyarakat taap protokol kesehatan dengan mencuci tangan/Foto Antara
Masyarakat taap protokol kesehatan dengan mencuci tangan/Foto Antara


JAKARTA, suaramerdeka.com - Percepatan terbentuknya kekebalan kelompok lewat program vaksinasi Covid-19 nasional penting untuk direalisasikan, namun lebih penting lagi perubahan perilaku agar disiplin menerapkan protokol kesehatan demi memutus rantai penularan Covid-19 di tanah air.

"Upaya keras membentuk kekebalan kelompok di satu wilayah harus didukung penuh semua pihak, namun pembenahan sikap dan tindakan masyarakat yang sejalan dengan upaya pengendalian Covid-19 juga mendesak untuk dilakukan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis 17 Juni 2021.

Lestari menegaskan hal terpenting yang juga harus direalisasikan adalah mengubah perilaku masyarakat untuk peduli terhadap upaya pengendalian Covid-19 lewat disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes), memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dalam keseharian.

Baca Juga: Hendi: Mutasi Varian Baru Covid-19 Atau Lama Sama-Sama Bahayanya

Upaya mengubah sikap dan perilaku masyarakat agar mampu disiplin Prokes dalam keseharian, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, membutuhkan konsistensi dan strategi yang terukur.

Bila masyarakat sudah menyadari bahayanya terpapar Covid-19, jelas Lestari , tentu akan berpengaruh pada sikap masyarakat untuk kemudian diwujudkan dalam bentuk tindakan dan perubahan perilaku.

Lestari berharap, upaya-upaya terukur dan sistematis dalam mendorong perubahan sikap masyarakat agar lebih peduli dalam penanggulangan Covid-19 di tanah air, harus segera dilakukan.

Baca Juga: Jawab Tuntutan Dunia Industri, Dibutuhkan Pembentukan Karakter Akademi Lulusan Kampus

Menurut Lestari, upaya menanamkan pemahaman tentang Covid-19 harus dimulai dari lingkungan terkecil masyarakat, yaitu keluarga, RT, RW, Kelurahan, sampai wilayah yang lebih luas, hingga akhirnya terbentuk norma baru keseharian yang sesuai dengan Prokes Covid-19.

Para pemangku kepentingan dan masyarakat harus berkolaborasi untuk mewujudkan perubahan perilaku dalam keseharian masyarakat.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tol Semarang-Demak Gunakan Bambu sebagai Matras

Kamis, 23 September 2021 | 02:09 WIB

Purbalingga dan Jepara Hentikan PTM

Kamis, 23 September 2021 | 02:03 WIB

Hidupi 80 Nenek Sebatang Kara

Kamis, 23 September 2021 | 01:52 WIB

Uang Suap Dicatat Bantuan Sosial

Kamis, 23 September 2021 | 01:40 WIB

Digitalisasi Tetap Menjadi Kunci Pengembangan Daerah

Rabu, 22 September 2021 | 14:33 WIB

Bupati Kolaka Timur dan Lima Staf Terjaring OTT KPK

Rabu, 22 September 2021 | 10:53 WIB
X