PTM Terbatas Tetap Dilaksanakan Juli, Kemendikbudristek: Siswa Jenuh Belajar dari Rumah

Red
- Kamis, 17 Juni 2021 | 14:46 WIB
Pembelajaran tatap muka/Foto Radio Idola Semarang
Pembelajaran tatap muka/Foto Radio Idola Semarang

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pembelajaran tatap muka (PTM) tetap akan dilaksanakan di bulan Juli, meski kasus Covid-19 melonjak di beberapa daerah.

Hal ini disampaikan Direktur (Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih. Pihaknya telah melakukan survei terkait dengan pelaksanaan sekolah tatap muka. Hasilnya, terdapat 78,3% dari sekitar 50 ribu Sekolah Dasar yang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Dari hasil survei tersebut,  dari 149.000 sekolah dasar (SD), baik negeri maupun swasta di Indonesia, tidak semua bisa melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara maksimal.

Baca Juga: Dirjen Pendis Kemenag: Kelahiran UISSI Percepatan Literasi Digital

"Hasil survei tersebut menyebutkan bahwa 78,3% sekolah sudah melaksanakan PTM, 80,4% kepala sekolah dan komite sepakat PTM, 57,8 % sekolah melaksanakan PTM di luar sekolah, dan 42,2% tidak melaksanakan PTM di luar sekolah," kata Sri dalam webinar Bersiap Sekolah Tatap Muka Terbatas, Rabu (16/6), seperti dikutip dari Kata Data.

Selain itu, survei juga dilakukan kepada siswa dan siswi bahkan dari hasil survei tersebut, ditemukan anak-anak yang jenuh belajar di rumah, mengeluh capek, susah berkomunikasi, dan banyak persoalan lain yang dihadapi.

Baca Juga: Nissan Sport Seri Z Proto Luncur Agustus Mendatang

"PTM harus dimulai karena sudah cukup lama belajar di rumah. Banyak hal yang harus diantisipasi saat BDR, yaitu learning loss dan penguatan pendidikan karakter yang saat ini menjadi fokus pemerintah," jelas Sri.

Namun, ia menegaskan bahwa, pembelajaran tatap muka terbatas perlu diakselerasi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, dan vaksinasi tenaga pendidik di satuan pendidikan. Bahkan, Orang tua dapat memilih apakah anaknya akan mengikuti PTM terbatas atau melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Target 8 Kursi, PKB Kota Semarang Gelar Evaluasi

Minggu, 26 September 2021 | 19:45 WIB

CSIS: Komunikasi Politik Airlangga Hartarto Kuat

Minggu, 26 September 2021 | 17:40 WIB
X