Status PPKM di Jabodetabek Kembali Naik Menjadi Level 2, Masyarakat Tidak Perlu Panik

- Selasa, 5 Juli 2022 | 13:55 WIB
Ilustrasi PPKM di Indonesia. (foto: sl/ilustrasi/net) (sl/Ilustrasi/net)
Ilustrasi PPKM di Indonesia. (foto: sl/ilustrasi/net) (sl/Ilustrasi/net)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Status level PPKM dari sejumlah daerah dalam perpanjangan Intruksi Mendagri terkait perberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan dinaikkan kembali untuk mengatasi penyebaran Covid-19 varian BA.4 dan BA.5.

Beberapa daerah yang sudah naik ke level 2 salah satunya adalah Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sorong.

“Akhir-akhir ini kami melihat adanya peningkatan kasus Covid-19 dikarenakan adanya penyebaran varian baru yaitu BA.4 dan BA5. Dalam beberapa daerah sendiri juga harus terpaksa dinaikkan menjadi level 2” jelas Dirjen Bina Adwil dan Wakil Ketua III SAtgas Penanganan Covid-19 Nasional Safrizal di Jakarta.

Baca Juga: Punya Bakat Jadi Sultan, 7 Zodiak Ini Ternyata Memang Magnet Cuan di Tahun 2022

Setelah pemberlakuan PPKm selama sebulan terakhir ini, Menteri Dalam Negeri kembali melakukan perpanjangan dari PPKM Jawa Bali melalui Inmendagri Nomor 33 tahun 2022.

Selain itu PPKM luar JAwa Bali melalui Inmendagri Nomor 34 Tahun 2022, kedua Inmendagri itu akan berlaku efektif mulai tanggal 5 Juli - 1 Agustus 2022.

Safrizal sendiri juga diketahui menjelaskan bahwa pelaksanaan PPKM kali ini sendiri perlu ada perhatian serius kepada seluruh pihak. Khusus untuk Jawa Bali yang akan kembali menjadi daerah yang status PPKM nya berada di level 2.

Baca Juga: Senengnya 6 Zodiak Ini, Bisa Melunasi Hutang di Bulan Juli 2022

Menurut Safrizal sendiri dengan menggunakan sistem transmisi komunitas untuk melakukan asesmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan PPKM, untuk Jawa Bali terdapat 114 daerah dengan status PPKM level 1.

Keadaan tersebut menurun dari pelaksanaan Inmendagri sebelumnya yaitu mencapai 128 daerah.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X