Longsor Menggedor, EWS Longsor Belum Efektif

- Selasa, 6 Februari 2018 | 19:32 WIB
Ilustrasi: Istimewa
Ilustrasi: Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Alat early warning system (EWS) longsor yang sudah ditanam di sejumlah tempat belum efektif dalam mendeteksi gejala gerakan tanah yang belakangan kembali intens mengancam karena cuaca ekstrem.

Pemeringat itu masih perlu terus dikembangkan sehingga mendapatkan presisi yang benar-benar akurat. Meski demikian, alat tersebut tak perlu sampai harus digrounded.

"Alatnya tak perlu dicabut, tapi kita memang mesti perlu menyempurnakannya," kata Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar di sela-sela penjelasan dampak cuaca ekstrem yang menyebabkan longsor Bogor di Bandung, Selasa (6/2).

Menurut dia, ketidakefektifan tersebut dikarenakan cakupan longsor yang luas. Perangkat tersebut tak bisa mengendus secara tepat titik awal longsoran sehingga kadang meleset dari hasil penilaian sistem.

"Kinerja alat yang dipasang di Desa Jelok, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo misalnya. Alatnya sudah dipasang di titik yang berpotensi besar terjadi longsor, ternyata kejadiannya bergeser 10 meteran dari lokasi alat," jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, katanya, perangkat peringatan dini itu sebenarnya cenderung riskan untuk mengcover permukiman mengingat lokasi rumah yang berpencar.

"Untuk peringatan dini terhadap bangunan kantor mungkin cocok, tak banyak jumlahnya, tapi untuk permukiman itu tak mudah karena rumah warganya tak terkonsentrasi," tandasnya.

Kabid Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG, Agus Budianto menambahkan bahwa untuk penanganan bencana longsor, sinergi di antara pemerintah dan masyarakat tak bisa diabaikan.

Itu termasuk dalam pemasangan alat peringatan dini. Alat yang mesti dijaga benar-benar keberadaannya, terutama manfaatnya. Tak hanya alat, katanya, pemahaman itu mencakup pula pada pengetahuan akan pola gerakan tanah.

"Kami bisa memasang alat EWS longsor di sejumlah tempat, tapi tanpa pemahaman yang memadai, terutama dari masyarakat setempat akan urgensi dari alat tersebut, itu bisa mengurangi fungsi yang diharapkan," tandasnya.

Editor: Marlin

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X