Beberapa Daerah Belum Dapat Imunisasi Dasar Lengkap, Perlu Percepatan

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi BIAN. (laman covid19.go.id)
Ilustrasi BIAN. (laman covid19.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Kesehatan RI telah mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 pada pertengahan Mei 2022 lalu untuk seluruh provinsi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Selanjutnya tahap II imunisasi dilaksanakan mulai Agustus 2022 bagi provinsi di pulau Jawa dan Bali.

Menurut Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, program imunisasi anak yang dicanangkan pemerintah harus mendapat dukungan penuh dari para pemangku kepentingan.

Baca Juga: Kenang Sosok Tjahjo Kumolo, Presiden Joko Widodo: Pribadi yang Tenang dan Sederhana

Apalagi, jelas Lestari, data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan, sekitar 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi Covid-19.

Adapun jumlah terbanyak di Jawa Barat, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan DKI Jakarta.

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dengan vaksin yang disediakan pemerintah secara gratis seharusnya mendapat perhatian dari banyak pihak.

Baca Juga: Tim Evaluasi Haji Pastikan Keluhan Jemaah Ditindaklanjuti, Bakal Ada Punishment

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap para pemangku kepentingan di pusat dan daerah ikut mendorong agar BIAN dimanfaatkan masyarakat secara luas.

"Di tengah potensi ancaman sejumlah penyakit saat ini, berbagai upaya untuk mencegah ancaman itu terjadi harus terus dikedepankan dalam rangka melindungi setiap warga negara," kata Lestari Moerdijat, Jumat, 1 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X