Tawaf dan Sai di Masjidil Haram dengan Skuter Listrik

- Selasa, 28 Juni 2022 | 19:04 WIB
TAWAF : Jamaah haji Indonesia memanfaatkan jasa sewa skuter listrik saat tawaf di Masjidil Haram. (suaramerdeka.com/MCH)
TAWAF : Jamaah haji Indonesia memanfaatkan jasa sewa skuter listrik saat tawaf di Masjidil Haram. (suaramerdeka.com/MCH)

MAKKAH, suaramerdeka.com - Bagi jamaah haji yang berusia lanjut atau menghindari kelelahan saat melaksanakan tawaf atau sai, dapat memanfaatkan jasa layanan skuter listrik di Masjidil Haram.

Biaya menggunakan jasa skuter listrik ini relatif terjangkau dan dapat menghemat tenaga jamaah, meskipun tawaf menggunakan jasa skuter listrik itu tidak berada di posisi terdekat dengan Kabah.

Wartawan Suara Merdeka, Surya Yuli Purwariyanto, anggota Media Center Haji (MCH) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melaporkan, layanan skuter listrik berada di lantai 3 Masjidil Haram.

Baca Juga: 11 Daerah di 5 Provinsi Ini Mulai 1 Juli 2022 Beli Pertalite dan Solar lewat Aplikasi MyPertamina

Biaya sewa sebesar 57,50 riyal untuk skuter kapasitas satu orang dan 115 riyal untuk skuter kapasitas dua orang. Waktu sewa bagi jamaah melaksanakan tawaf saja dan sai saja selama dua jam. Sedangkan untuk paket layanan tawaf dan sai jamaah membayar 115 riyal untuk skuter kapasitas satu orang dan 230 riyal untuk kapasitas dua orang.

Beberapa jamaah haji asal Indonesia sudah ada yang memanfaatkan jasa layanan tersebut. Selain mendapat informasi dari petugas, kebanyakaan jamaah sudah melihatnya di youtube, sebelum berangkat.

Namun mereka tetap berharap diberikan kesehatan sehingga bisa tawaf dengan berjalan kaki mengelilingi Kabah dan dilanjutkan sai dari Shafa ke Marwah.

Baca Juga: Belasan Gerai Holywings di Jakarta Ditutup, Nikita Mirzani Syok Pikirkan Nasib Ribuan Pegawai

Untuk mengoperasikan skuter listrik tersebut sangat sederhana dan mudah dilakukan siapa saja. Skuter listrik tersebut layaknya mainan anak-anak di Indonesia yang disewakan di taman-taman atau area publik lainnya.

Pengemudi cukup menekan tuas di sebelah kanan setir untuk maju dan tuas sebelah kiri untuk mundur, serta melepas tuas untuk mengerem laju skuter listrik tersebut.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Heboh! Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:55 WIB
X