Pemerintah Kaji Kebijakan Hari Libur Karena Jadi Pemicu Lonjakan Kasus Covid-19

- Rabu, 16 Juni 2021 | 18:56 WIB
sm/dok
sm/dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Karena dianggap memberikan kontribusi signifikan terhadap lonjakan kasus Covid-19 selepas Lebaran, pemerintah tengah mempertimbangkan kebijakan hari libur hingga akhir tahun ini.

Menurut Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, pembahasan mengenai hal tersebut sudah dilakukan. Presiden Jokowi bahkan memberikan atensi khusus.

"Sudah ada rapat dipimpin langsung Presiden untuk membahas hari libur baik cuti bersama mau pun libur perorangan sampai Desember," tandasnya didampingi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meninjau RS Khusus Ibu & Anak Kota Bandung, Rabu (16/6).

Baca Juga: Kapolda Jateng: Kota Semarang Jadi fokus penanganan Covid-19

Hanya saja, Muhadjir menyatakan hasilnya belum akan diumumkan. Meski demikian, dia memastikan persoalan hari libur itu menjadi pembahasan khusus dalam upaya penanganan pandemi.

"Hasilnya tunggu, nanti diumumkan tersendiri, yang jelas itu sudah jadi agenda dari pemeirintah sesuai dengan arahan Presiden," katanya.

Momentum terdekat kemungkinan terjadinya kembali pergerakan masyarakat adalah pada saat Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021. Atas kemungkinan itu, Jabar langsung mengusulkan supaya tak ada hari libur tambahan.

Baca Juga: Tanggapi Isu Pajak Sembako dan Pendidikan, Stafsus Menkeu: Itu Hanya Bagian Kecil dari Reformasi Perpajakan

Ridwan Kamil bahkan menyebut hari libur yang bertalian dengan event tertentu selama pandemi bersifat merusak, destruktif terhadap upaya pengendalian. Karena itu, aspirasi tersebut langsung disampaikannya ke Muhadjir.

"Semuanya tiba-tiba berantakan karena libur ini, padahal rasio RS kita sudah di bawah 30 persen," katanya sambil menyoroti persoalan ketidaktaatan dan kepatuhan terhadap upaya yang dilakukan termasuk larangan mudik sehingga kemudian membuat kasus Covid-19 meningkat signifikan. 

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelombang 21 Kartu Prakerja Dibuka, Kuota 754 Ribu

Kamis, 16 September 2021 | 13:43 WIB

TMMD Bantu Pemkot Wujudkan Visi Misi Kota Magelang

Rabu, 15 September 2021 | 20:01 WIB
X