Upaya Pencegahan, Ratusan Warga Binaan Lapas Semarang Jalani Isolasi Mandiri

- Rabu, 16 Juni 2021 | 15:08 WIB
Lembaga Pemasyarakatan kelas I Semarang (Lapas) Kedungpane. Foto: Ist
Lembaga Pemasyarakatan kelas I Semarang (Lapas) Kedungpane. Foto: Ist

SEMARANG, suaramerdeka.com - Ratusan warga binaan pemasyarakatan atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang/Lapas Kedungpane diharuskan menjalani jsolasi mandiri di dalam kamar Lapas.

Informasi yang diperoleh, upaya isolasi mandiri dilakukan bagi seluruh narapidana yang menghuni 44 kamar di lapas tersebut. Total ada sekitar 500 narapidana yang harus isolasi mandiri.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Syafar Pudji Rochman mengatakan, isolasi mandiri tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam lapas.

Baca Juga: Update Corona Jatim: Ada Tambahan 499 Kasus Baru, Bangkalan Masih Zona Merah

"Isolasi mandiri bukan karena para narapidana terkena Covid-19, tapi sebagai upaya pencegahan agar penyebaran Covid-19 di dalam lapas tidak makin meluas, karena ada petugas yang reaktif," kata Syafar, Rabu (16/6).

Ia menyebut ada dua orang petugas Lapas yang diketahui reaktif Covid-19. Keduanya saat ini sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Sedangkan narapidana yang harus isolasi mandiri tersebut merupakan warga binaan pemasyarakatan yang berhubungan dengan petugas tersebut.

Baca Juga: Menpora Beri Dukungan dan Semangat untuk Keluarga Markis Kido

"Isolasi mandiri di kamar untuk memutus mata rantai. Kalau untuk narapidananya sendiri sampai sekarang belum ada yang reaktif," jelasnya.

Diketahui, dua petugas Lapas yang reaktif Covid-19 bertugas di bengkel kerja di dalam Lapas. Adapun 44 kamar yang diharuskan melakukan isolasi mandiri merupakan kamar narapidana yang menjalani aktivitas di bengkel kerja.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Gelombang 21 Kartu Prakerja Dibuka, Kuota 754 Ribu

Kamis, 16 September 2021 | 13:43 WIB

TMMD Bantu Pemkot Wujudkan Visi Misi Kota Magelang

Rabu, 15 September 2021 | 20:01 WIB
X