Petani Rintis Agrowisata Buah Jeruk

Red
- Rabu, 16 Juni 2021 | 03:15 WIB
SM/dok : LAHAN PASIR : Salah seorang petani merawat tanaman jeruk yang memanfaatkan lahan pasir di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), Kabupaten Bantul. (24)
SM/dok : LAHAN PASIR : Salah seorang petani merawat tanaman jeruk yang memanfaatkan lahan pasir di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), Kabupaten Bantul. (24)

Lahan pasir di sepanjang pesisir selatan ternyata dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bercocok tanam yang dapat membantu perekonomian warga. Perawatan dan pengolahan lahan yang benar membuat tanaman apa pun tumbuh subur.

ITULAH yang dilakukan petani lahan pasir pantai selatan tepatnya di Padukuhan Soge, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul. Mereka mulai mengembangkan buah jeruk yang bisa panen satu kali dalam satu tahun.

Sebelumnya, warga sudah memanfaatkan lahan pasir dengan tanaman bawang merah dan sayur-sayuran.

Ketua Perkumpulan Forum Komunikasi Petani Ngremboko Lir Sambikala, Suratno menuturkan, lahan pasir di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa khususnya di Kabupaten Bantul memiliki potensi besar dikembangkan sebagai kawasan agrobisnis bahkan bisa menjadi agrowisata.

Warga setempat ingin kawasan itu dapat menarik minat wisatawan untuk bertandang ke sana. ”Salah satu tanaman buah yang kami kembangkan jeruk. Petani penggarap lahan pasir di sini ingin bersama-sama membudidayakan buah jeruk dan saat tiba masanya panen akan menjadi daya tarik wisatawan. Mereka bisa memetik langsung dan membeli di lokasi pertanian,’’ ucapnya.

Anggota kelompok sekaligus motor peenggerak pertanian buah jeruk lahan pasir, Yuni mengatakan ada lahan seluas 4.200 meter persegi yang bisa dimanfaatkan.

Menanam jeruk di lahan pasir menurutnya memerlukan perawatan ekstra. Sama halnya dengan perawatan bawang merah dan sayuran yang selama ini sudah dilakukan.

Perawatan Ekstra

”Yang pasti butuh perawatan ekstra karena lahannya pasir sehingga memerlukan media lain seperti pupuk kandang yang bagus, irigasi yang baik dari sumur pantek yang disedot dengan pompa air di sejumlah titik. Usia satu tahun sudah panen dna hasilnya cukup bagus,’’ jelasnya.

Selain kebutuhan pupuk dan air yang cukup, tanaman harus bebas hama. Salah satu kendala pertanian lahan pasir terutama buah jeruk yakni hama rengit.

Halaman:

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

Jokowi Didesak Batalkan TWK

Sabtu, 18 September 2021 | 01:50 WIB

Hadapi Ledakan Mobilitas Penduduk

Sabtu, 18 September 2021 | 01:39 WIB

Polres Usulkan IPAL di Polokarto

Sabtu, 18 September 2021 | 01:28 WIB

Borobudur dan Prambanan Mulai Dibuka

Sabtu, 18 September 2021 | 01:20 WIB

Keluarga Minta Kasus Live Bunuh Diri Dibongkar

Jumat, 17 September 2021 | 21:57 WIB

WHO: Awas Lonjakan Mobilitas Warga

Jumat, 17 September 2021 | 14:18 WIB
X