Pengembangan Lokasi Wisata dan Pelestarian Warisan Budaya Harus Dilakukan Secara Bersamaan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:20 WIB
diskusi daring bertema Warisan Budaya yang Berkelanjutan dan Akselerasi Sektor Pariwisata yang digelar Forum Diskusi Denpasar. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
diskusi daring bertema Warisan Budaya yang Berkelanjutan dan Akselerasi Sektor Pariwisata yang digelar Forum Diskusi Denpasar. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Akselerasi pertumbuhan sektor pariwisata harus disertai peningkatan kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya.

Pengembangan pariwisata yang berkelanjutan harus melibatkan masyarakat lokal.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan keseimbangan antara upaya pengembangan lokasi wisata dan pelestarian warisan budaya yang menjadi objek wisata harus bisa dilakukan secara bersamaan.

Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan pada diskusi daring bertema Warisan Budaya yang Berkelanjutan dan Akselerasi Sektor Pariwisata yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu, 22 Juni 2022.

Baca Juga: Mantap Nih Nasib 6 Zodiak, Hidupnya Akan Dikunjungi Kebahagiaan di Akhir Juni 2022

"Setiap pelestarian budaya mesti berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Karena budaya selain sebagai sumber nilai dan identitas bangsa, dapat menjadi komoditas yang berperan penting dalam peningkatan ekonomi," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, mengutip pernyataan Almarhum Prof. Mundarjito, Guru Besar Arkeologi Universitas Indonesia.

Menurut Lestari, diperlukan pelestarian budaya yang berkelanjutan.

Tujuannya agar kita mampu selain menggali setiap nilai yang melekat dengan sejarah dan perkembangan bangsa, juga menjadi akselerator sektor pariwisata.

Dalam upaya pelestarian itu, ujar Lestari, penting untuk melibatkan masyarakat lokal dalam pengembangannya.

Baca Juga: Punya Bakat Jadi Sultan bagi 4 Zodiak Ini, Sebab Minggu Depan Akan Dilanda Hujan Cuan

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X