Dugaan Tindak Pidana Perbankan, Eks Pimpinan Koperasi Diadukan ke Polisi

- Jumat, 17 Juni 2022 | 05:05 WIB
Tim kuasa hukum pelapor menunjukkan bukti atau tanda terima aduan dari Ditreskrimsus Polda Jateng. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)
Tim kuasa hukum pelapor menunjukkan bukti atau tanda terima aduan dari Ditreskrimsus Polda Jateng. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Eks pimpinan sebuah koperasi simpan pinjam (KSP) yang berlokasi di Kabupaten Semarang diadukan ke Ditreskrimsus Polda Jateng, Kamis 16 Juni 2022.

Terlapor yang berinisial JM ini diadukan oleh seseorang berinisial CWT warga Kota Semarang melalui tim kuasa hukumnya dari 'Josant and Friends Law Firm' atas dugaan tindak pidana perbankan.

Ketua tim kuasa hukum pelapor, Wildan Prasetyo Usman menyatakan, dasar aduan ini Pasal 46 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana perubahan atas UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Pihaknya menduga terlapor saat masih menjabat pimpinan KSP menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan tanpa izin usaha dari Bank Indonesia.

Baca Juga: Selamat! 4 Zodiak Ini Bakal Banyak Keberuntungan di Pertengahan Juni 2022, Digempur Rezeki dari 3 Aspek

"Padahal sebagaimana Pasal 16 ayat (1) UU Perbankan disebutkan setiap pihak yang melakukan kegiatan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan wajib terlebih dahulu memperoleh izin usaha sebagai Bank Umum atau Bank Perkreditan Rakyat," kata Wildan beserta tim kuasa hukum lainnya Muhammad Alfin AZ.

Ia menyebut, kliennya telah menempatkan dana pada KSP ini sebanyak Rp 775 juta, dari kurun waktu antara 4 Juli 2014-13 juli 2016, dalam bentuk simpanan berjangka.

Pelapor juga dijanjikan keuntungan oleh terlapor dengan persentase tertentu.

"Sampai sekarang dana yang ditempatkan klien kami belum seluruhnya dikembalikan oleh terlapor," ujarnya.

Menurut Alfin, praktik dari produk simpanan berjangka di KSP itu menyerupai dengan simpanan dalam bentuk deposito, yang seharusnya hanya boleh dilakukan oleh suatu lembaga keuangan seperti bank.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X