Menteri LHK Beri Penghargaan Green Leadership Kepada Pimpinan Daerah

- Selasa, 15 Juni 2021 | 19:48 WIB
KLHK memberikan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra
KLHK memberikan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

JAKARTA, suaramerdeka.com - Semangat green atau ramah lingkungan terus berkembang dan menggelora. Begitu juga semangat "green growth", terus beraktualisasi. Pertumbuhan hijau berarti mencapai pertumbuhan dengan penggunaan sumberdaya dan energi secara efisien.

Paralel dengan semangat green growth itu, pemerintah terus melakukan penyesuaian, sebagaimana kebutuhan sosiologis masyarakat, lokal, nasional maupun internasional, dengan arah dan aktualisasi secara nyata untuk green economy.

Unsur-unsur penting green economy atau ekonomi hijau itu, meliputi low carbon, green growth, green technology, green energy, green industries, green products, green life, dan green management.

Baca Juga: WHO: Laju Penularan Covid-19 Lebih Cepat dari Vaksinasi

Green technology meminimalkan emisi gas rumah kaca atau carbon equivalent, diantaranya dengan menggunakan energi dan sumberdaya secara efisien dalam berbagai kegiatan sosial dan ekonomi.

Begitupun green industries yang ditegaskan oleh Presiden Jokowi pada Harkitnas Mei 2021, berkenaan dengan industri dengan efisiensi energi dan penggunaan sumberdaya serta meningkatkan kualitas lingkungan.

Hal tersebut mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan atau green economy, dan aktualisasi dengan gaya hidup green life.

Green life juga memerlukan green management, artinya pengelolaan dimana tanggung jawab sosial dan etis dari para pengguna sumberdaya alam dapat terlaksana dengan baik, dengan cara-cara penghematan dalam penggunaan energi, efisien, minimalkan emisi dan minimalkan polusi pada berbagai tahapan kegiatan yang dilakukannya.

Dan untuk itu, manajemen dalam kehidupan keseharian, bermasyarakat, dan dalam berpemerintahan serta bernegara sekalipun, menjadi sudah sangat perlu untuk dapat direfleksikan dan diaktualisasikan prinsip-prinsip ramah lingkungan atau orientasi green.

Dalam situasi itu, maka kepemimpinan masyarakat, dunia usaha, organisasi, kelembagaan dan bahkan komunitas grass root, akhirnya menjadi sangat-sangat utama sebagai bagian penting melembaganya prinsip-prinsip kehidupan ramah lingkungan atau green life.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X