Kasus Covid-19 Melonjak, Berbagai Opsi Kebijakan Harus Diambil

- Selasa, 15 Juni 2021 | 10:00 WIB
covid-19. (pikiran rakyat)  (Cun Cahya)
covid-19. (pikiran rakyat) (Cun Cahya)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Berbagai opsi harus diambil jika lonjakan kasus positif Covid-19 baik di Jakarta maupun beberapa daerah lain masih terus meningkat. Salah satunya menetapkan kebijakan pembatasan yang lebih ketat dari sebelumnya.

Terjadi lonjakan kasus harus jadi perhatian khusus karena saat ini varian baru virus corona hasil mutasi yang memiliki kemampuan penyebaran yang lebih cepat dan luas sudah menyebar ke banyak negara termasuk Indonesia.

Kebijakan tepat dan tindakan cepat juga perlu segera diambil untuk menangani lonjakan kasus salah satunya agar program percepatan vaksinasi tidak terganggu.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Relatif Stabil Setelah Mencapai Level Tertinggi

Anggota DPD RI Fahira Idris menuturkan, yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, misalnya meningkatkan tes 8 kali lipat standar WHO, menambah fasilitas isolasi terkendali, penegakan disiplin protokol kesehatan.

Kemudian, menertibkan titik-titik kerumunan masyarakat, transparansi data dan informasi seluruh kasus Covid-19 (data testing, tracing, jumlah kasus, data ketersediaan tempat tidur dan lainnya) dan percepatan vaksinasi.

“Kami berdoa dengan berbagai kebijakan dan tindakan ini, lonjakan kasus ini bisa ditangani dengan baik sehingga opsi pembatasan yang lebih ketat tidak harus ditempuh. Namun, semua itu tergantung kesadaran semua,” kata dia.

 Kebijakan-kebijakan yang diterapkan sudah tepat dalam menangani lonjakan kasus ini.

“Semua harus review kembali tingkat kedisiplinan kita dalam menerapkan protokol kesehatan selama beberapa bulan terakhir ini, apakah semakin baik atau malah semakin kendor. Review ini bukan hanya buat individu-individu tetapi semua sektor terutama yang mobilitasnya tinggi,” tandas Fahira.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aniaya Teman Karaoke, 2 Pelaku Ditangkap

Jumat, 24 September 2021 | 20:12 WIB

Presiden Minta Jaga Kelestarian Penyu

Jumat, 24 September 2021 | 01:20 WIB

PTM Tak Akan Disetop

Jumat, 24 September 2021 | 01:10 WIB

Membudidayakan Klanceng agar Sejahtera

Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB
X