Siapa Capres 2024 Terkuat? Simak Ramalan Ronggowarsito Tentang Sosok Pemimpin Indonesia

- Senin, 13 Juni 2022 | 06:06 WIB
Ilustrasi tiga Capres 2024.  (Fian Afandi)
Ilustrasi tiga Capres 2024. (Fian Afandi)

suaramerdeka.com - Siapa yang tidak mengenal Ronggowarsito? Pujangga yang terlahir pada Senin Legi, 15 Maret 1802 ini telah melahirkan karya sastra seperti halnya Serat Kalatidha yang juga menyiratkan beberapa ramalan.

Bakatnya yang menyejarah ini nampaknya tertemurunkan dari Raden Tumenggung Sujanaputra, yang juga terkenal dengan sebutan Pangeran Karanggayam, pujangga Kraton Pajang, pengarang kitab Nitisruti.

Selain itu juga karena kegemarannya membaca, yang ditanamkan oleh R.T. Sastranagara, kakeknya, yang juga pujangga kraton Surakarta.

Baca Juga: Berat Badan Turun, Ikuti Tips Ini, Murah Sehat Ga Perlu Obat Pelangsing atau Olahraga Berat di Gym

Selama 47 tahun berkarya, sejak tahun 1826 hingga 1873, Ronggowarsito telah menghasilkan tidak kurang dari 60 judul buku dengan beragam bahasan.

Tulisannya meliputi falsafah, kebatinan, lakon-lakon wayang, cerita Panji, dongeng, babad, sastra, bahasa, kesusilaan, adat istiadat, pendidikan, primbon, ramalan, dan sebagainya.

Menurut ramalan Ronggowarsito, ada tujuh satriya piningit yang akan muncul sebagai tokoh yang di kemudian hari akan memerintah atau memimpin wilayah seluas wilayah “bekas” kerajaan Majapahit ,

Baca Juga: Eril Pergi ke Swiss Mencari Pendidikan S2 Pulang Diantar Guru Pelajar; Ridwan Kamil: Danke Mrs Geraldine Beldi

yaitu : Satriya Kinunjara Murwa Kuncara, Satriya Mukti Wibawa Kesandhung Kesampar, Satriya Jinumput Sumela Atur, Satriya Lelana Tapa Ngrame, Satriya Piningit Hamong Tuwuh, Satriya Boyong Pambukaning Gapura, dan Satriya Pinandhita Sinisihan Wahyu.

Berkenaan dengan itu, banyak kalangan yang kemudian mencoba menafsirkan ketujuh Satriya Piningit itu seperti berikut :

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJS Kesehatan Jamin Kelahiran, Simak Selengkapnya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:55 WIB
X