Rumah Pancasila Perjuangkan Hak Kebutuhan Biologis Narapidana, Surati Presiden Joko Widodo

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 08:12 WIB
Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Semarang Yosep Parera didampingi tim advokatnya, Hirda Rahmah dan Titus Yoan saat memberikan keterangan pers. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)
Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Semarang Yosep Parera didampingi tim advokatnya, Hirda Rahmah dan Titus Yoan saat memberikan keterangan pers. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Semarang yang dipimpin Yosep Parera mengajukan surat permohonan resmi kepada Presiden Joko Widodo.

Surat Rumah Pancasila memuat permohonan hak kebutuhan biologis atau kebutuhan seksual bagi setiap warga binaan/narapidana bersama pasangan sahnya (conjugal visit) di dalam suatu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Yosep menyatakan, permohonan Rumah Pancasila tersebut dilatarbelakangi sejumlah alasan dan beberapa pertimbangan hukum, baik dari sisi tinjauan filosofis maupun yuridis.

Menurutnya, secara tersirat hak kebutuhan biologis bagi narapidana sebetulnya sudah dijamin dalam UUD 1945 dan sejumlah peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Weton Hari Ini 11 Juni 2022: Sabtu Pon, Apa Kata Primbon Jawa soal Keistimewaannya?

Meski demikian, hingga kini belum ada aturan konkret yang mengatur secara detail terkait teknis dari pemenuhan hak tersebut.

Karena itu, diperlukan turunan aturan dari undang-undang yang sudah ada, baik berupa Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Menteri atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) dengan tujuan untuk memberikan legalitas.

"Ini sekaligus untuk meminimalkan penyimpangan seksual atau suka sesama jenis yang dimungkinkan terjadi di dalam lapas. Tembusan surat ini juga kami tujukan kepada pimpinan DPR, MPR dan Kementrian Hukum dan HAM," kata Yosep didampingi tim advokatnya Hirda Rahmah dan Titus Yoan di Kantor Sekretariat Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Semarang, Jumat 10 Juni 2022.

Baca Juga: Intip Asmara Zodiak Hari Ini 11 Juni 2022: Virgo Serius soal Cinta, Perasaan Tak Aman Leo, Cancer?

Yosep menilai, penyimpangan seksual di dalam lapas justru akan menjadi permasalahan baru bagi warga binaan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X