Konsistensi Pelurusan Sejarah Ratu Kalinyamat Harus Terus Dilakukan, Serta Sosialisasi Kepahlawanan

- Senin, 6 Juni 2022 | 13:43 WIB
Pergelaran Wayang Kulit dengan lakon Rainha de Japara di Kecamatan Gondhomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. (foto: dok MPR RI)
Pergelaran Wayang Kulit dengan lakon Rainha de Japara di Kecamatan Gondhomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. (foto: dok MPR RI)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Di tengah proses pengajuan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional, upaya sosialisasi nilai-nilai kepahlawanan Ratu dari Jepara itu harus terus dilakukan.

"Sosialisasi masif terkait sepak terjang Ratu Kalinyamat selain bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai luhur yang diwariskan, juga untuk meluruskan sejarah terkait Ratu dari Jepara itu," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Lestari menyampaikan hal itu, saat Pergelaran Wayang Kulit dengan lakon Rainha de Japara yang digelar atas kerja sama Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL), Media Group dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Pendopo Dalem Yudhonegaran, Prawirodhirjan, Kecamatan Gondhomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, baru-baru ini.

Baca Juga: Siap - siap Menerima Hujan Keberuntungan untuk 6 Zodiak Ini, Senin 6 Juni 2022

Pergelaran yang bercerita tentang kepahlawanan Ratu Kalinyamat saat melawan penjajah Portugis di abad ke-16 yang ingin menguasai kerajaan-kerajaan di nusantara itu, sekaligus mengungkapkan bahwa nenek moyang kita di masa lalu sangat menguasai maritim.

Bahkan tidak memandang gender dalam memilih pemimpin.

Lestari mengungkapkan temuan delapan bukti primer hasil kajian tim pakar yang dibentuk Yayasan Dharma Bakti Lestari membuktikan eksistensi Ratu Kalinyamat dari Jepara.

Baca Juga: Cek Yuk Ramalan Zodiak Selama Bulan Juni 2022, 7 di Antaranya Bakal Dapat Rezeki Nomplok

Bersama sejumlah kerajaan di nusantara dalam mengusir penjajah, sekaligus meluruskan sejarah terkait Ratu Kalinyamat yang berkembang di masyarakat.

Lestari sangat berharap nilai-nilai perjuangan Ratu Kalinyamat dalam menghalau penjajah Portugis di nusantara pada abad ke-16 dapat menjadi dasar bagi generasi saat ini.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X