Harga Tiket Masuk Candi Borobudur untuk Wisatawan Lokal Naik Jadi Rp 750 Ribu, Ini Penjelasannya

- Minggu, 5 Juni 2022 | 13:05 WIB
Ilustrasi wisatawan berkunjung ke Candi Borobudur. (suaramerdeka.com/Birru Rakaitadewa)
Ilustrasi wisatawan berkunjung ke Candi Borobudur. (suaramerdeka.com/Birru Rakaitadewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Harga tiket masuk ke objek wisata Candi Borobudur di Muntilan, Jateng untuk wisatawan lokal naik jadi Rp 750 ribu.

Awalnya tiket masuk ke Candi Borobudur dipatok dengan harga Rp 50 ribu.

Terkait naiknya harga tiket masuk Candi Borobudur itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Bisar Panjaitan memberi penjelasan, bahwa hal itu demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Baca Juga: Cek Yuk Ramalan Zodiak Lengkap Soal Keuangan, Karir, dan Asmara untuk Minggu, 5 Juni 2022

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," jelas Luhut, yang dikutip dari akun instagram @luhut.pandjaitan, Minggu, 5 Juni 2022.

Ditambahkannya, wisawatan yang masuk Candi Borobudur wajib menggunakan jasa tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

Selain itu, tambah Luhut, agar Candi Borobudur bisa bersaing sebagai destinasi wisata berkualitas sebagai komitmen pemerintah dengan mensinergikan konservasi dan pariwisata melalui mekanisme singel authority agency.

Baca Juga: Ada Badarawuhi juga Badarwuhi, Om Hao: Sama-sama Penari

Oleh sebab itu, sebagai dukungan mewujudkan hal tersebut, perlu adanya layanan dengan prinsip ekonomi biru, hijau, dan sirkular di Candi Borobudur.

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Yahya: Jangan Sampai Peradaban Runtuh

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:02 WIB

Ini 4 Quotes Para Tokoh Terkait Peringatan 1 Abad NU

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:42 WIB
X