UKSW Leaders Forum, Ahok: SDM dan SDA di Indonesia Tak Seimbang

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 07:15 WIB
Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara SE MSc PhD menyerahkan cenderamata kepada Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama saat UKSW Leaders Forum. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara SE MSc PhD menyerahkan cenderamata kepada Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama saat UKSW Leaders Forum. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (BTP), atau Ahok, menyayangkan belum seimbangnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia.

Disebut Ahok, Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, namun kemampuan masyarakat untuk mengolah dirasanya masih sangat kurang.

Ahok juga mencontohkan PT Pertamina, di mana permintaan untuk memasok minyak dunia sangat tinggi, namun kapasitas yang mampu disediakan sangat terbatas.

Hal itu disampaikan Ahok pada hari terakhir pelaksanaan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Leaders Forum, Jumat 13 Mei 2022.

Baca Juga: Indonesia Hajar Filipina, Shin Tae-yong Puas dan Apresiasi Skuat Garuda Muda

"Persoalan tersebut kembali merujuk pada ketertinggalan SDM Indonesia. Guna memacu semangat SDM Indonesia, pihaknya berkeinginan menggandeng sejumlah partner strategis," kata BTP dalam acara yang dihadiri ratusan mahasiswa, dosen, pengusaha, dan sejumlah elemen masyarakat ini

Ahok juga memberikan pandangannya mengenai proyeksi energi Indonesia ke depan.

"Meski Pertamina masuk ke Petrokimia tergolong terlambat, namun ini merupakan salah satu langkah strategis yang menentukan keberhasilan misi pemerintah melaksanakan transformasi ekonomi, dari berbasis komoditas ke industri pengolahan bernilai tambah tinggi," ungkapnya.

Dengan adanya program tersebut, dibutuhkan banyak tenaga terlatih dan terdidik untuk dapat mengolah sumber daya alam yang tersedia.

Baca Juga: Romelu Lukaku Meredup di Chelsea, Agen Sebut Bermasalah dengan Adaptasi Taktik

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X