Libur Lebaran, Pertumbuhan Pariwisata Nasional Meningkat

- Senin, 9 Mei 2022 | 20:48 WIB
CANDI BOROBUDUR: Sejumlah wisatawan yang berada di Taman Wisata Candi Borobudur. (suaramerdeka.com/Birru Rakaitadewa)
CANDI BOROBUDUR: Sejumlah wisatawan yang berada di Taman Wisata Candi Borobudur. (suaramerdeka.com/Birru Rakaitadewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perkembangan wisatawan mancanegara pada Februari 2022 naik 21,91% jika dibandingkan Januari 2022.

Bahkan kalau dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 angkanya meningkat 151,98%.

Bahkan salah satu platform pemesanan penginapan mencatat, saat libur Lebaran 2022 ini empat kota menjadi tujuan masyarakat untuk berlibur yaitu, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Bali.

Pemesanan kamar di empat kota tersebut naik 13% jika dibandingkan pekan ketiga April 2022.

Baca Juga: Sekilas Alur Cerita film KKN di Desa Penari, 6 Mahasiswa Diteror Makhluk Halus

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin, 9 Mei 2022 mengatakan sejumlah lokasi wisata di tanah air sepanjang musim libur Lebaran tahun ini menunjukkan lonjakan kunjungan wisatawan yang signifikan.

"Kombinasi dari kebijakan pemerintah dan kreativitas daerah dalam mengelola kawasan wisata yang baik harus terus dilanjutkan untuk pengembangan pariwisata nasional ke depan," katanya.

Menurut Lestari lonjakan wisatawan pada masa libur Lebaran tidak terjadi begitu saja, tanpa campur tangan faktor-faktor lain.

Baca Juga: Puisi Rock - Opera Menjelang 5

Kebijakan pemerintah memperbolehkan mudik tahun ini, mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) tepat waktu dan menjaga kondisi perekonomian untuk tetap kondusif, merupakan sejumlah faktor yang dinilai menjadi pendorong lonjakan wisatawan di berbagai daerah.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X