Kepala PVMBG: Warga Jangan Panik Karena Anak Krakatau Siaga

- Senin, 25 April 2022 | 18:20 WIB

 

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kemen ESDM, Hendra Gunawan meminta masyarakat tetap tenang dalam merespon kenaikan status aktivitas Gunung Anak Krakatau (150 mdpl) menjadi Siaga.

Menurut dia, sepanjang masyarakat patuh, tak perlu ada yang dikhawatirkan. "Rekomendasi kami, kawasan steril dari puncak GAK itu radiusnya 5 Km," katanya saat memberikan keterangan secara daring, Senin (25/4/2022).

Penetapan areal steril seluas itu tentu saja, merujuk pada hasil pengamatan dalam dua pekan terakhir. GAK disebutnya menunjukan peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan.

Di antaranya kadar belerang yang makin tinggi. Dari puluhan, seratusan, hingg 9 ribu ton perharinya.

Baca Juga: Ada Letusan Berkali-kali, Status Anak Krakatau Belum Perlu Dinaikkan

"Kenaikannya dalam empat hari terkakhir, catatan kegempaan berkorelasi dengan tinggi kolom letusan setinggi 3 ribu meter. Emisi SO2 dari sekitar 68, kemudian 181 ton perhari, kemudian melonjak drastis 9 ribu ton perhari.

Meski relatif aman, Hendra Gunawan tak menampik kekhawatiran yang timbul dari masyarakat terutama atas kemungkinan terjadinya bahaya sekunder seperti tsunami seperti pada Desember 2018.

"Kita tentu saja tak berharap terulang tapi melihat tubuh gunung api yang kecil karena kejadian beberapa tahun lalu itu, semoga saja potensi bahaya sekunder juga ikut mengecil. Meski tentu saja kuncinya tetap waspada," katanya.

Baca Juga: Amanda Manopo Singgung Penulis Cerita Ikatan Cinta: Baca Scriptnya Bisa Kena Baby Blues

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Yahya: Jangan Sampai Peradaban Runtuh

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:02 WIB

Ini 4 Quotes Para Tokoh Terkait Peringatan 1 Abad NU

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:42 WIB
X