Lebaran 2022: Mendagri Keluarkan SE Tentang Pembatasan Halal Bihalal, Level PPKM Jadi Kunci Utama

- Sabtu, 23 April 2022 | 16:08 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian./ Instagram @titokarnavian
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian./ Instagram @titokarnavian

SUARAMERDEKA.COM - Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian telah mengeluarkan peraturan terkait Lebaran 2022.

Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Mendagri yakni terkait dengan pembatasan tamu saat kegiatan Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1443 H/ Lebaran 2022.

SE mengenai ketentuan Halal Bihalal tersebut diterbitkan guna mencegah peningkatan kasus Covid-19 saat momen Lebaran 2022.

"Sehubungan perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah dan mencegah terjadinya peningkatan jumlah kasus Covid-19, maka dalam hal kegiatan Halal Bihalal oleh masyarakat, diminta kepada gubernur dan bupati/wali kota untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut," kata Mendagri Tito Karnavian, Sabtu 24 April 2022.

Baca Juga: Ini 15 Link Nonton Film Gratis Terbaru 2022 Pengganti LK21, Layarkaca21 dan IndoXXI

Terdapat empat aturan yang dikeluarkan Mendagri dalam Surat Edaran mengenai Halal Bihalal tersebut yang berkaitan dengan PPKM, jumlah tamu, dan protokol kesehatan yakni:

1. Kegiatan Halal Bihalal disesuaikan dengan level PPKM daerah kabupaten dan kota yang ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri, baik itu PPKM level 3,2, dan 1 di wilayah Jawa dan Bali.

Begitu pula bagi wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, kegiatan Halal Bihalal disesuaikan dengan level PPKM di daerah kabupaten dan kota masing-masing wilayah.

2. SE tersebut mengatur maksimal jumlah tamu yang dapat hadir pada acara Halal Bihalal dengan rincian sebagai berikut.

Baca Juga: Belum Dapat Set Top Box (STB) TV Digital? Masih Ada Waktu, Ini Cara Mendapatkan STB Gratis, Buruan Cek

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X